Tuesday, September 27, 2011

(ArBer)Jangan sampai kalap!


Jangan sampai kalap!


Kata kalap mempunyai definisi: “lupa diri atau suatu keadaan yang tidak terkendali/bingung akibat putus asa dan marah yang teramat sangat.” Seseorang yang sudah kalap kemudian akan “gelap mata”. Dikatakan gelap mata sebab dalam keadaan ini seseorang sudah tidak tertahankan lagi untuk meluapkan kemarahannya. Siapapun dapat menjadi korbanya, meskipun orang terdekat sekalipun.


Banyak sekali kasus kejahatan berupa pembunuhan terjadi hanya karena faktor kalap ataupun gelap mata. Ironisnya terkadang pembunuh dan korban justru sering kali adalah mereka yang mempunyai hubungan saudara, teman dekat/sahabat bahkan keluarga. Secara logika sepertinya hal tersebut tidak mungkin, karena melukai orang yang kita kenal saja sudah menimbulkan penyesalan, apalagi sampai membunuh anggota keluarga yang tinggal di satu atap? Namun apabila kemarahan sudah menguasai hati dan pikiran, maka hal tersebut mungkin saja terjadi, bahkan hukuman dosa yaitu mautpun sudah tidak membuat kita takut.


Tariklah nafas dalam-dalam sebelum kita bereaksi dengan keadaan marah di dalam diri kita! Tenangkanlah pikiran kita, dahulu sebelum mengambil tindakan! Kemarahan yang sudah terlampiaskan tidak akan mudah dikendalikan, oleh karena itu sebaiknya kita mengendalikan kemarahan dalam diri kita agar tidak keluar dan menimbulkan kejahatan yang mendatangkan korban. Datanglah kepada Tuhan dan mintalah penyertaan-Nya dalam setiap tindakan dan perbuatan kita! Berdoalah agar Roh Kudus bisa menguasai hati kita sepenuhnya , dan jangan memberi kesempatan pada si iblis yang dapat dengan mudah memanfaatkan kekesalan atau kemarahan kita! Nabi besar seperti Musa saja pernah kalap dan menimbulkan korban dari bangsa Israel!, jadi jangan main-main dengan rasa kesal, pahit, kegeraman atau kemarahan!


Sebelum kemarahan membesar dan menimbulkan dosa, maka jinakkanlah terlebih dahulu dengan doa!


“Segala kepahitan, kegeraman,

Kemarahan, pertikaian dan fitnah,

Hendaklah dibuang,

Diantara kamu

Demikian pula segala kejahatan”

Efesus 4:31


GOD Bless u

No comments: