Wednesday, November 30, 2011

(ArBer)Percuma teriak-teriak!


Percuma teriak-teriak!


Gambar diatas memperlihatkan seorang gadis yang berteriak di hadapan seekor sapi yang juga sedang mengeluarkan suara. Lalu suara siapakah yang paling keras dan bisa terdengar, jika keduanya terus dan saling berteriak?


Setiap manusia mempunyai karakter dan sikap mental yang berbeda. Untuk bisa menghadapi mereka kita harus membaca situasi terlebih dahulu sebelum bertindak! Bila dalam posisi normal saja mereka(yang berkarakter keras) sulit dinasehati, apalagi di saat mereka melakukan kesalahan? Tentunya akan sulit bagi mereka untuk membuka diri apalagi menerima masukan ataupun nasihat. Lalu bagaimanakah cara kita menyadarkan atau menuntun mereka untuk kembali ke jalan yang benar?


Tidak semua orang bisa disadarkan dari kesalahannya dengan cara frontal yang keras dan kasar. Ada sebagian orang yang hanya akan menerima masukan, apabila “didatangi” dengan cara yang halus dan perlahan-lahan. Sama seperti kita yang akan selalu berdalih apabila berbuat dosa, orang lainpun demikian. Terhadap mereka yang telah “jauh” dari Tuhan juga harus diperlakukan berbeda. Janganlah kita menghakimi mereka atas segala kesalahan mereka, namun justru kita harus mendekati mereka dengan cara yang halus. Dengan demikian maka akan terbuka kesempatan bagi kita untuk menuntun mereka kembali kepada jalan kebenaran. Jika Tuhan saja tidak pernah menegur kita dengan cara yang kasar, lalu mengapa kita kerap kali menegur orang lain seolah-olah kita tidak pernah bersalah? Dan Apabila kita mengaku mengasihi mereka yang telah jauh dari Tuhan, maka tentunya kita juga pasti bisa menggunakan kasih dalam menasehati dan menuntun mereka kembali ke jalan Tuhan!


Tuhan Yesus pasti tidak akan menghukum domba-Nya yang tersesat, melainkan berusaha mencarinya serta mengendongnya dengan penuh kasih pada saat Dia menemukan domba tersesat tersebut!


“Dan dengan lemah lembut

Dapat menuntun orang yang suka melawan

Sebab mungkin Tuhan memberikan kesempatan

Kepada mereka untuk bertobat dan memimpin mereka

Sehingga mereka mengenal kebenaran”

2 Timotius 2:25


GOD Bless u

No comments: