Monday, December 19, 2011

(ArBer)Berbagi dengan penuh keikhlasan.


Berbagi dengan penuh keikhlasan.


Bulan Desember ini mungkin adalah bulang paling sibuk bagi umat kristiani untuk berbgai kasih. Selain saling berbagi kasih dengan keluarga, bulan ini juga biasanya di isi dengan berbgai kasih kepada anak-anak yatim piatu, maupun panti – panti jompo. Lalu pertanyaanya adalah mengapa harus ada bulan tertentu yang di “sakralkan” dalam hal bebrbagi?


Jawaban dari pertanyaan di atas adalah, mungkin karena dalam bulan ini seluruh umat kristiani merasakan kasih utama Allah Bapa kepada dunia ini dengan mengirimkan anak-Nya untuk datang ke dunia ini dalam misi menembus dosa manusia. Sehingga semangat untuk berbagi kasihpun seperti mengalir dengan sendirinya. Berbagi kepada sesama juga termasuk perintah dalam firman Tuhan, namun motivasinya pun harus sesuai dengan firman Tuhan. Kenyataanya banyak sekali donator-donatur hanya perduli kepada panti asuhan atau panti jompo hanya karena dalam rangka memeriahkan hari Natal ataupun menyambut kedatangan Natal, padahal dari hati mereka sendiri tidak terdapat keutulsan. Jadi memberi dan berbagi hanya menjadi sebuah rutinitas dan kewajiban tidak tertulis dalam menyambut hari kelahiran-Nya.


Keikhlasan adalah salah satu syarat dalam mal memberi maupun berbagi. Keikhlasn tidak mengenal waktu, dan bisa dilakukan dimana saja serta tidak ada persyaratan terhadap siapakah yang sebaiknya ditolong! Sama seperti Allah Bapa yang tidak memilih orang-orang tertentu yang layak menerima pengorbanan anak-Nya yang tunggal, sebaiknya kita pun memiliki hati yang demikan. Dengan hati ikhlas, maka segala pemberian kita akan terasa lebih bermakna dibandingkan sebuah rutinitas sosial menjelang perayaan hari keagamaan tertentu! Mulai saat ini periksalah hati kita masing-masing sebelum menyumbang, berbagi, ataupun memberi pertolongan, apakah sudah ada keikhlasan yang tertanan dalam lubuk hati terdalam kita?jika belum, berati sebenarnya kita belum siap berbagi!


Tuhan Yesus tidak memilih tanggal khusus untuk berkorban demi manusia! DIA jua tidak memilih siapa yang layak menerima pengorbanan-Nya! Yang DIA lakukan adalah dengan tulus ikhlas menanggung segala penderitaan demi keselamatan umat manusia tanpa terkecuali!


“……….

Siapa yang membagi-bagikan sesuatu

Hendaklah ia melakukannya dengan hati ikhlas

………..

Siapa yang menunjukkan kemurahan

Hendaklah ia melakukannya dengan sukacita”

Roma 12:8


GOD Bless u

No comments: