Tuesday, December 20, 2011

(ArBer)Copycat.


Copycat.


Siapapun yang suka meniru dengan sama précis pakaian ataupun tingkah laku seseorang pasti akan diberi label “copycat”. Copycat adalah istilah untuk kebiasaan seseorang yang selalu mencontoh apapun yang dilakukan orang lain dengan sama persis, layaknya seekor anak kucing yang meniru persis segala tindak tanduk induk kucing tersebut.


Copycat memang dianggap sebagai sesuatu hal yang negatif, akan tetapi tidak semua “copycat” itu adalah buruk. Kenyataanya sebelum kita bisa menjadi ahli di bidang-bidang tertentu, kita juga pasti harus mencontoh dahulu perbuatan orang lain yang sudah ahli. Mencontoh dengan detail ataupun sama persis nantinya akan membuat kita bisa lebih cepat ahli, jadi kesimpulannya copycat tidak selamanya negatif asal jangan jadikan itu alasan untuk berhenti berinovasi!


Dalam pelayananpun kita juga diwajibkan untuk ikut meneladani para pendahulu kita. Entah mereka yang telah senior dalam pelayanan seperti, penatua, majelelis gereja maupun Gembala gereja wajib kita teladani! Mereka semua perlu kita ikuti teladannya, sebab mereka pastinya sudah berpengalaman dan telah teruji iman serta kesetiaanya dalam melayani. Akan tetapi sebagai jiwa muda kita juga tidak boleh berhenti berinovasi untuk menciptakan hal-hal baru sesuai dengan perkembangan zaman. Hanya saja tetap harus sesuai dengan firman dan dasar keimanan Kristiani. Jadi mulai hari ini kita yang masih berjiwa muda dan belum berpengalaman dalam pelayanan wajib untuk mengikuti teladan para pemimpin-pemimpin iman kita terlebih dahulu sebelum mulai belajar untuk mengembangkan kemampuan diri sendiri untuk melayani!


Tirulah segala hal baik yang perlu kita tiru, namun janganlah membiasakan diri meniru hanya karena kita malas belajar hal baru!


“Ingatlah pemimpin-pemimpin kamu

Yang telah menyampaikan firman Allah kepadamu

Perhatikanlah akhir hidup mereka

Dan contohlah iman mereka!”

Ibrani 13:7


GOD Bless u

No comments: