Wednesday, January 18, 2012

(ArBer)Patung saja tunduk!


Patung saja tunduk!


Gambar diatas adalah ilustrasi dari dewa dagon kepunyaan bangsa Filistin, yang terdapat dalam kitab perjanjian lama. Memang tidak dijelaskan kira-kira berapa tinggi dan besarnya, namun bisa dipastikan ukurannya paling tidak sebesar atau bahkan lebih besar dari tabut TUHAN kepunyaan bangsa Israel(pada jaman tersebut)


Pada kitab Samuel, dikisahkan bahwa bangsa Israel menelan kekalahan besar dari bangsa Filistin sehingga menyebabkan Tabut TUHAN berpindah tangan. Meskipun berpindah tangan tabut TUHAN tetaplah tidak kehilangan Kuasa pusakanya. Patung dewa dagon yang diletakkan berdampingan dengan Tabut TUHAN merasakan besarnya kuasa TUHAN tersebut, bahkan patung besar dewa dagon sampai terhempas ke tanah dengan posisi tertunduk(terjatuh muka menghadap tanah)di hadapan tabut TUHAN.


Kuasa TUHAN memang sungguh ajaib, dan tak akan pernah bisa “dicerna” oleh nalar logika manusia, hanya yang jelas tidak akan ada kuasa apapun didalam bunia ini yang mampu bertahan dari kuat kuasa-Nya! Kita mamang tidak membuat patung untuk disembah, namun terkadang kita terjebak di dalam “dewa-dewa” kedagingan lainnya. Kita memang tidak menyembah secara nyata, namun terkadang kita lebih percaya atau menggantungkan diri terhadap hal-hal tersebut(ketenaran, kekayaan, kepintaran dan lain-lain). Jika itu yang terjadi, muali sekarang kita harus merubah kebiasaan buruk tersebut! Percayalah dan gantungkanlah seluruh harapan dan masa depan kita hanya kepada TUHAN. Apapun kelebihan dan kekayaan yang kita miliki, semuanya adalah anugerah TUHAN, jadi izinkanlah TUHAN yang berkuasa atas segalanya agar segala kelebihan kita berguna bagi kemulian nama TUHAN serta kebaikan sesame umat manusia.


Patung besar yang dianggap pusaka saja sampai tunduk dihadapan-Nya, apalagi kita yang adalah umat ciptaan-Nya? Kemampuan apakah yang bisa menyaingi kuat kuasa TUHAN?


“Tetapi ketika ke-esokan harinya, mereka bangun pagi-pagi

Tampaklah Dagon terjatuh

Dengan mukanya ke tanah di hadapan

Tabut TUHAN”

…………………………”

1 Samuel 5:4


GOD Bless u

1 comment:

Denis Desmanto said...

גדול יהוה/ Gadol YHWH ( Adonai )/ Besar YHWH ( Adonai )