Wednesday, February 29, 2012

(ArBer)Penghormatan yang tidak perlu!


Penghormatan yang tidak perlu!


Gambar diatas tentu saja hanyalah sebuah lelucon yang direkayasa. Seorang prajurit berkustum “star wars” terlihat saling memberi hormat dengan prajurit Amerika Serikat. Sebuah penghormatan yang sesungguhnya tidak perlu, sebab film “star wars” sendiri sebenarnya berasal dari negeri pamam Sam tersebut.


Kehormatan menjadi sangat penting dalam perkembangan kehidupan di zaman moderen seperti saat ini. Apapun akan dilakukan untuk meningkatkan kehormatan diri sedniri, bahkan terkadang hal-hal yang bertentangan dengan hukum, hak asasi ataupun agama serta kepercayaan. Intinya demi mendapatkan rasa hormat dari banyak orang, apapun bisa dikorbnankan. Apakah kita juga termasuk orang-orang yang bernafsu untuk selalu dihormati?


Orang-orang farisi juga terjebak dalam situasi tersebut, dimana mereka mementingkan prestige lebih dari apapun. Saat mereka mendengarkan Yesus mengajar, memang ada diantara mereka yang tersentuh hatinya, bahkan sampai percaya kepada- Nya, namun karena takut kehilangan rasa hormat dari pengikutnya yang lain, mereka kemudia mengeraskan hati mereka untuk berubah. Mendapatkan rasa hormat dari orang-orang sekitar kita bukanlah suatu aib, namun kita juga harus tahu diri sebab segala potensi yang ada pada kita adalah milik Tuhan Allah. Biarlah hanya Tuhan Allah saja yang layak mendapatkan kehormatan serta kemulian! Satu hal yang sangat penting adalah jangan sekali-kali kita menukar kehendak Tuhan demi kehormatan pribadi! Sebab Tuhan akan menolak orang-orang yang mementingkan kepuasan kedagingan(bangga akan kehormatan pribadi).


Manakah yang lebih penting diterima dan dihormati banyak orang, atau diterima Tuhan sebagai anak-anak yang dikasihi-Nya?


“Namun banyak juga

Diantara pimpinan yang percaya kepada- Nya

Tetapi oleh karena orang-orang Farisi

Mereka tidak mengakuinya berterus terang,

Supaya mereka jangan dikucilkan

Sebab mereka lebih suka akan kehormatan manusia

Dari pada kehormatan Allah”

Yohanes 12:42-43


GOD Bless u

No comments: