Monday, October 29, 2012

(ArBer)Bersatulah, sebab kita semua satu!

-->

Bersatulah, sebab kita semua satu!

Momen sumpah pemuda tidak akan menjadi momen bersejarah, apabila hanya diikuti salah satu kelompok pemuda tertentu saja.  Momen sumpah pemuda menjadi sejarah kebangkitan para pemuda untuk bersatu.  Bukan hanya bersatu tapi momen ini juga menjadi cikal bakal munculnya perjuangan bersama(tidak bersifat kedaerahan) untuk lepas dari penjajahan.
Kebanyakan kita hanya memperingatinya sebagai hari sejarah nasional negara, yang biasanya dirayakan dengan upacara bendera dan pertunjukan-pertunjukan berbagai macam kebudayaan.  Dampaknya para generasi muda saat ini sudah tidak merasakan lagi kebersamaan ataupun kesatuan!  Perkelahian terjadi antar pelajar, antar kampung, antar golongan maupun suku, sudah lumrah terjadi.  Hal ini membuktikan bahwa seakan – akan kita semua adalah lawan(bukan kawan) yang kebetulan menempati tempat yang sama (negara Indonesia).
Orang – orang percaya juga terkadang juga hidup mengkhususkan diri.  Kita jarang mau terlibat dalam politik atau pemerintahan, padahal kita semua mempunyai kewajiban untuk membangun negara ini secara keseluruhan, dan bukan hanya membangun umat Tuhan dari Gereja kita saja.  Banyak lagi aspek lainnya yang terkadang dipandang sebagai hal duniawi yang tidak perlu dicampuri urusannya.  Sebagai terang dunia kita seharusnya tidak membeda-bedakan! Apa yang bisa kita lakukan untuk negara haruslah kita kerjakan dengan sebaik-baiknya!  Kita juga harus membuka diri kepada mereka yang berbeda keyakinan dengan kita! Janganlah kita memandang sebelah mata kepada mereka, karena bagaimanapun kita semua adalah satu bangsa, tanah air dan satu bahasa!  Jadi rayakanlah momen sumpah pemuda tahun ini dengan semangat kebersamaan dan kepedulian dalam ruang lingkup yang lebih besar(bangsa dan negara kita).  Ingatlah bahwa jangan mengharapkan mereka (yang berbeda keyakinan) akan bersatu dengan kita orang percaya! selama kita juga enggan menyatukan diri bersama mereka untuk membangun negara kita tercinta.
Kita semua berasal dari satu Sumber, sudah seharusnya kita semua bersatu! Dan semua dimulai dari mempersatukan bangsa kita sendiri yaitu Indonesia!

 “Dari satu orang saja
Ia menjadikan semua bangsa
Dan umat manusia untuk mendiami
Seluruh muka bumi
……………………………”
Kisah Para Rasul 17:26



GOD Bless u

No comments: