Monday, September 21, 2015

(ArBer)Hari perdamaian sedunia

Hari perdamaian sedunia

Tak banyak orang yang menggetahui bahwa hari ini bertepatan dengan hari perdamian sedunia.(21 september).  Damai adalah suatu keadaan tenang aman dan nyaman tanpa suatu konflik yang diselesaikan dengan suatu kegiatan yang sifatnya mengandung unsur kekerasan, mengahancurkan atau menaklukan seperti perang.

Kedamaian mungkin bisa mempunyai arti berbeda lagi bagi orang lain, namn intinya poerdamian ialah keadan tenang serta bahagia tanpai intimidasi ataupun ketakutan.  Lalu apakah keadaan seperti itu mungkin terjadi di buni ini?  Jawabanya adalah mungin sekali terjadi.  Lalu bagaimanakah hal tersebut bisa terjadi? Hal inilah yang sepertinya sulit diwujudkan, sebab kedamaian harus melibatkan semua aspek kehidupan umat manusia di bumi ini.  Ke-anekaragaman suku bangsa dan kepercayaan sebenarnya tidak begitu besar pengaruhnya terhadap terwujudnya perdamaian dunia, yang menjadi masalah terbesar dalam mewujudkan perdamian dunia adalah kepentingan setiap individu yang berbeda – beda.

Sebagai orang – orang percaya kita tahu bahwa Yesus juga mendapatjulukan Raja Damai, akan tetapi seberapa banyakkah diantara kita yang mampu hidup damai seperti yang Raja kita ajarkan? Jangan hidup berdamai dalam ruang lingkup global internasional, dalam runag lingkup sederhana saja, terkadang kita sulit mewujudkan kedamaian.  Saat ini dunia percaya bahwa  untuyk mewujudkan kedamaian cara yang paling efektif adalah dengan menumpas habis musuh yang dianggap merugikan, dan hal itu amat berbeda dengan Yesus.  Yesus justru mengajarkan kasih kepada kita semua sebagai suatu pondasi kuat untuk membangun suatu kedamian.  Jadi jelaslah sudah bahwa kita semua saata ini sudah diperlengkapi oleh kasih Yesus Kristus, dan kedamaian bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan, hanya pertanyaan selanjutnya adalah, maukah kita mewujudkan perdamian?  Maukah kita mengutamakan kasih dalam setiap konflik yang mungkin timbul antar individu lainnya? Ataukah kita masih mau tetap pakai cara dunia dalam mewujudkan perdamaian?

Saat kita menggengam tangan sesama kita bisa menyalurkan kasih, namun saat kita menggengam senjata maka hanya kemarahan serta kejahatan yang akan tersalurkan dan tidak akan pernah ada kata damai!

 “Janganlah kamu membalas kejahatan dengan kejahatan;
Lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!
Sedapat – dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu
Hidplah dalam perdamaian dengan semua orang”
Roma 12  : 17 - 18
GOD Bless u


No comments: