Sunday, July 31, 2016

(ArBer)Keinginan hatimulah yang mencobaimu!

Keinginan hatimulah yang mencobaimu!

Isi hati seseorang mempengaruhi oikiran serta perbuatan orang tersebut.  Keinginan yang mendalam dapat membuat seseorang berbuat baik ataupun sebaliknya.  Keinginan yang baik membuat seseorang hidup dalam kekudusan serta kesuccian.  Keinginan untuk memuaskan hawa nafsu pasti akan membawa seseorang hidup dalam kejatuhan dosa.

Tuhan sebenarnya memberikan kehendak bebas bagi kita semua untuk memilih mana yang ingin kita ingin di dalam dunia ini.  Kita bebas memilih untuk taat kepada- Nya ataupun taat kepada keinginan kita sendiri.  Satu hal yang pasti Tuhan tidak mencobai umat manusia untuk jatuh ke dalam dosa.  Manusia jatuh ke dalam dosa oleh karena terpikiat untuk memuaskan keinginannya sendiri.  Sedangkan kita tahu bahwa keinginan kedagingn di dalam dunia ini tidak akan pernah terpuaskan, sebab akan selalu ada hal baru yang membuat diri manusia terpikat untuk dilakukannya.

Manusia sejatinya tidak dicobai Tuhan, namun bisa jadi iblislah yang mencobai.  Atau justru manusia sendiri yang sengaja terpikat oleh kenikmatan dosa sehingga menuduh Iblis yang mengodaainya.  Apdahal Iblis hanya memberikan saran dan tidak memaksa manusia untuk menurutinya.  Iblis bisa mengancam dan menakut – nakuti, akan tetapi biasanya baru ditawarkan saja tanpa ancaman manusia sudah terpikat oleh apa yang mereka dapat saksikan maupun rasakan.(contoh antara ular dengan Hawa).  Jadi jelaslah keputusan terakhir untuk berbuat dosa maupun tidak, berada  ditangan manusia, jadi keinginan manusialah sumber segala dosa!  Jadi mulai lepaskanlah diri kita dari cobaan yang kita ciptakan sendiri! Sebab dosa terjadi hanya ketika kita aktif menuruti keinginan hati yang datangnya bukan dari Tuhan!

Jangan terpikat terhadap keinginan hati kita yang tidak berdasarkan kebenaran firman Tuhan! Sebab daya pikat yang bukan berasal dari Tuhan biasanya mengalir dengan deras dan mampu menyeret kita dalam lembah dosa!

“Tetapi tiap – tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri
Karena ia diseret dan dipikat olehnya”
Yakobus 1 : 14

GOD Bless u

No comments: