Wednesday, July 27, 2016

(ArBer)Menghakimi secara sepihak

Menghakimi secara sepihak

Sebelum media sosial di dunia maya saja, perkembangan kabar burung ataupun gosip sudah mulai menjadi haya hidup, apalagi saat ini? ketika kebebasan berbicara seperti tak terbatas dalam dunia maya.  Kabar burung yang awalnya hanya sebagai bahan omongon bibir, sudah berubah menjadi cibiran, fitnahan dan bahkan penghakiman bagi orang – orang yang dibicarakn tersebut.

Manusia kerap menjadi hakim secara langsung kepada manuisa lainnya.  Asalkan berjumlah mayoritas, maka apapun yang diputuskan sudah bisa dianggap benar.  Keputusan tersebut juga akan menjadi hukuman langsung bagi kaum minoritas yang belum tentu bersalah atau memang bersalah namun belum mempunyai bukti nyata, atau bisa jadi sengaja diperslahkan.  Maria yang dianggap sebagai pelacur adalah salah contoh dimana umat manusia suka untuk menjadi hakim!

Tuhan Yesus sebenarnya juga tahu jikalau perempuan tersebut berbuat dursila, namun Dia berusaha untuk tidak menjadi “hakim” di dalam dunia ini(sebab saat itu kedatangan- Nya untuk menjadi Juruselamat dan bukan hakim)  Kita tahu Yesus pada saatnya nanti pasti akan menjadi hakim bagi umat manusia, namun pada saat itu Dia tidak menghakimi umat manusia.  Satu hal yang lebih unik lagi adalah Dia juga mengatakan jikalau Dia menghakimi tentu bukan dengan ukuran manusia.  Ukuran penghakiman manusia biasanya jarang ada yang murni, sebab bercampur dengan hal lainnya seperti aroma dendam, kebencian ataupun unsur kesengajaan, dan Maria adalah salah satu yang bisa dimaksukkan dalam unsur kesengajaan itu(sengaja untuk emnguji Yesus), jadi sudahkah kita sadari, bahwa kita kerap menjadi hakim antar sesama? Berhentilah sebelum Hakim yang sesungguhnya menghakimi engkau!

Jikalau Yesus yang Maha adil dan benar saja menolak untuk mengahkimi, masakah kita yang sulit berbuat adil serta benar mau menghakimi sesama kita?

“Kamu menghakimi menurut ukuran manusia,
Aku tidak menghakimi siapapun,
Dan jikalau Aku menghahkimi, maka penghakiman – Ku itu benar
Sebab Aku tidak mengakimi seorang diri,
Tetapi Aku bersama dengan Dia yang mengutus Aku”
Yohanes 8 : 15


GOD Bless u

No comments: