Sunday, November 13, 2016

(ArBer)Pahit tetapi sehat!

Pahit tetapi sehat!

Pare dikenal memiliki rasa yang pahit saat masih muda yang berwarna hijau. Sementara ketika sudah masak pohon, buah pare berubah warna menjadi oranye dan daging yang meliputi biji buahnya yang berwarna merah cerah serta terasa manis seperti permen. Di negara barat pare dikenal dengan nama bitter gourd atau bitter squash, karena masih keluarga dengan labu. permasalahannya, tidak banyak orang yang menyukainya karena rasanya yang pahit. Rasa pahit pare sepertinya memang sangat terasa melekat, apalagi biasanya pare disajikan hanya direbus dan dijadikan lalapan.

Mengkonsumsi pare sangat dianjurkan, karena kandungan dan manfaat pare yang baik bagi tubuh. Pare telah banyak dikenal memiliki beberapa manfaat untuk membantu penderita diabetes, mencegah dan mengurangi gejala kanker, mengurangi efek wasir, meningkatkan kesehatan pernapasan, meningkatkan kesehatan kulit, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Memang pare telah terbukti memiliki zat anti-inflamasi, anti jamur, antibiotik, anti alergi, antivirus, antiparasit, dan kualitas ekspektoran.  Jadi intinya meskipun sangat pahit, namun manfaatnya sangat baik bagi tubuh kita!

 Penderitaan yang kita alami juga pahit, namun demikian semuanya itu terjadi atas ijin Tuhan.  Bahkan tentu ada manfaat yang baik bagi iman serta kerohanian kita, ketika kita menghadapi penderitaan tersebut.  Raja Hizkia juga menyatakan hal serupa ketika beliau mengalami penderitaan berupa penyakit kulit.  Dosa juga adalah salah satu penyebab kita jatuh ke dalam pencobaan serta juga penderitaan, namun jikalau kita bisa belajar sesuatu, tentu Tuhan Allah akan memberikan balasan setimpal yang indah bagi kita pada akhirnya.  Sama seperti Raja Hizkia yang benar – benar mencari Tuhan ketika mengalami penyakit, kita juga seharusnya juga melakukannya seperti itu.  Dan sama seperti Raja Hizkia yang akhirnya dikabulkan doanya, seperti itu pulalah doa kita yang kita panjatkan dengan penuh kesadaran serta penyerah diri sepenuhnya kepada Dia yang maha kuasa!

Di dalam Tuhan, selalu ada manfaat “manis” dari segala sesuatu yang kita rasakan “pahit”!

“Sesungguhnya, penderitaan yang pahit
Menjadi keselamatan bagiku;
Engkaulah yang mencegah jiwaku dari lobang kebinasaan
Sebab Engkau telah melemparkan segala dosaku
Jauh dari hadapan - Mu”
Yesaya  38 : 17


GOD Bless u

No comments: