Wednesday, January 18, 2017

(ArBer)Siap ditegur, dan siap untuk berubah

Siap ditegur, dan siap untuk berubah

Perubahan sikap yang cukup drastis memang terlihat dari anak Tuhan yang satu ini.  Menduduki jabatan publik, beliau kerap kali menjadi sorotan dari berbagai pihak.  Segala gerak gerik dan juga tutur katanya menjadi perbincangan banyak orang.  Kata - katanya yang keras membuatnya tersandung banyak masalah dari masalah sedrrhana sampai dengan masalah hukum, untungnya banyak pihak yang menegurnya dan memang dia menanggapi teguran tersebut dengan terbuka bahkan dia meminta maaf serta berjanji akan merubah kebiasaanya.  

Apabila dahulu kala, Ahok jarang sekali merangkai kata – kata dengan benar serta dengan nada yang sesuai, belakangan ini beliau sudah banyak banyak berubah dalam bertutur kata.  Ahok sekarang berusaha lebih tenan serta berbicara dengan santun, meskipun terkadang sangat terlihat sekali ia menahan emosinya.  Intinya adalah ada keinginan untuk berubah, dan ia juga sadar setelah ditegur oleh berbagai pihak.  Karakternya yang keras memang sudah lama terbentuk dari tanah kelahirannya, akan tetapi toh dia tetap mau berubah menjadi lebih tenang dan santun.

Kesalahan bisa dilakukan siapa saja, namun tidak semua orang yang bersalah mau memperbaiki kesalahan mereka.  Contohnya banyak sekali narapidana yang sudah keluar namun melakukan hal serupa sehingga kembali dijebloskan ke dalam penjara, bahkan ada yang berkali – kali(residivis).  Teguran adalah baik bagi kita semua yang terkadang salah dalam bertindak ataupun berprilaku.  Janganlah mengeraskan hati kita, jikalau ada pihak – pihak yang menegur disertai dengan solusi perbaikan.  Suka ataupun tidak kita harus menampung teguran tersebut! Dan setelah direnungkan apabila teguran tersebut memang benar dan berguna bagi kita dimasa yang akan datang, maka insaflah secepatnya, sebelum kita terlalu dalam berbuat kesalahan!

Orang yang berpengertian menerima masukan dari sesama, dan mau berubah jikalau salah, sebaliknya orang yang arogan tidak akan mau menerima masukan apalagi merubah sikapnya.

“......................................................
Jikalau orang yang berpengertian ditegur, ia menjadi insaf”
 Amsal 19 : 25

GOD Bless u

No comments: