Sunday, March 12, 2017

(ArBer)Tahan sejenak kata - kata dari mulutmu!

Tahan sejenak kata - kata dari mulutmu!

Gambar di atas adalah ilustrasi dari salah satu perbedaan antara orang yang narsis dengan orang yang percaya diri.  Orang narsis biasanya ingin sekali mendapatkan perhatian jadi cenderung ekspresif tanpa suatu pertimbangan termasuk pada saat berbicara.  Sedangkan orang yang benar – benar percaya diri, biasanya sabar mendengarkan sebelum berbicara dengan lantang.

Rata – rata kita semua mempunyai penyakit sulit untuk mendengarkan.  Mendengarkan dengan sabar sepertinya adalah pekerjaan yang sia – sia dan memakan waktu saja.  Padahal dibalik mendengarkan dengan seksama, kita akan lebih mudah pada saat berbicara, atau paling tidak apa yang kita bicarakan mampu mengenai sasaran dan juga bermanfaat.  Lalu mengapa kita sulit sekali “diam” untuk sejenak? Dan lebih suka mengeluarkan kata – kata agar didengar orang lain?

Rasul Yakobus juga memberikan peringatan agar setiap orang harus “lambat berkata – kata namun cepat mendengarkan”.  Semakin cepat kita berkata – kata, maka biasanya akan semakin besar peluang kita untuk mengeluarkan kata – kata yang salah/tidak tepat (entah waktunya yang tidak tepat, atau isinya yang tidak tepat), sebaliknya semakin lambat kita bebricara, maka kita akan lebih banyak menyerap informasi dari pendengaran kita.  Kata – kata yang keluar dari mulut kita semuanya harus dipertanggung jawabkan jadi pastikanlah kata – kata kita tersebut tidak terlalu cepat keluar dari mulut kita.

Kata – kata yang tepat bukan saja kata – kata yang mengandung kebenaran namun juga kata – kata yang keluar di waktu yang tepat! Jadi pastikanlah untuk tidak cepat berkata – kata!

“....................................
Setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar
Tetapi lambat untuk berkata – kata
.....................................................................”
 Yakobus 1 : 19

GOD Bless u

No comments: