Wednesday, September 27, 2017

(ArBer)Yusuf tidak dendam

Yusuf tidak dendam

Banyak hal positif yang dapat kita ambil dari kisah Yusuf, yang merupakan anak kesayangan dari Yakub yang berganti nama Israel oleh karena Allah Bapa.  Salah satu hal positif yang bisa diambil dari kisah tersebut adalah tidak menyimpan dendam. 

Sebagai anak yang disanyangi Yusuf memang selalu mendapat perlakuan sepesial dari Yakub, namun demkian sebenarnya Yusuf tidak merencanakan hal tersebut, ataupun sengaja membuat dirinya menjadi anak kesayangan ayahnya.  Sebagai seorang adik, Yusuf juga ternyata sangat menuruti kata – kata saudaranya, sehingga mau menuruti mereka samapi dirinya dijual kepada orang asing.  Satu yang pasti perlakuan buruk apapun yang diterimanya dari keluarganya, dia sama sekali tidak menyimpan dendam.  Bahkan ketika bertemu dengan saudara yang menyakitinya, dia tidak kuasa menahan tangis oleh karena rasa rindu serta kasihnya kepada mereka.

Bayangkanlah jika anda anda yang sedang berada di posisi Yusuf, apakah anda dapat meredam amaran serta dendam anda kepada saudara – saudara sekandung anda?Kepada Isteri Potifar yang menfitnah dan juga juru minum  yang melupakannya setelah mimpinya ditafsirkan, mungkin masih bisa dimaafkan oleh karena tidak ada hubungan sedarah dan juga tidak berada dalam suatu tempat yang sama dalam waktu yang lama.  Akan tetapi saudara sekandung yang seatap selama puluhan tahun dan kemudian menjual anda, apakah anda bisa memafkan mereka?  Dendam sebenarnya tidak akan pernah selesai, jika tidak ada pihak yang rela menerima keadaan tersakiti tersebut dengan kepasrahan serta rasa syukur.  Maukah anda membuang dendam anda? Atau justru akan anda perlihara terus dendam tersebut sampai selama – lamanya?    

Tidak semua kedukaan, kesulitan serta sakit hati berakhir dengan dendam!  Jika anda dekat dengan Tuhan serta mempercayakan hidup anda kepada- Nya, maka dendam dikalahkan oleh hati yang penuh dengan kasih yang memaafkan!

“Yusuf mencium semua saudaranya itu dengan mesra
Dan ia menangis sambil memeluk mereka
Sesudah itu barulah saudara – saudaranya bercakap cakap dengan dia”
  Kejadian 45 : 15

GOD Bless u

No comments: