Wednesday, December 18, 2019

(ArBer)Yohanes pembabtis yang tahu diri


Yohanes pembabtis yang tahu diri

Tidak dijelaskan bagimana Yohanes pembabtis mengetahui bahwa Yesuslah Juruselamat yang akan datang ke dalam dunia ini.  Bukan hanya mengenal – Nya, Yohanes pembabtis juga harus mengerjakan suatu tugas khusus yang tidak masuk akal, yaitu dengan membabtis Yesus.

Yohanes tahu bahwa Yesus adalah Anak Allah.  Dia mengetahui bahwa dirinya adalah orang berdosa dan tidak pantas berhadapan dengan Yesus, apalagikah harus membatis- Nya.  Yohanes pembabtis yang tahu diri sebenarnya sudah menyatakan protesnya agar janganlah dia yang membabtis Yesus, sebab dia sendiri saja perlu dibaptis.  Yesus yang juga mengetahui isi hati Yohanes akhirnya tetap meminta Yohanes membatis- Nya, agar menggenapi nubutan para Nabi Tuhan.

Sikap seperti Yohanes yang rendah hati serta tahu dirilah yang sulit sekali kita temukan saat ini.  Banyak diantara kita yang sudah tahu berdosa, namun masih merasa tidak membutuhkan Tuhan.  Kita kerap menghindar dari kegiatan kerohanian bahkan menghindar untuk berdoa serta bersyukur kepada- Nya.  Kita tidak sadar bahwa kita sebenarnya tidak layak datang kepada- Nya oleh karena kelamnya serta pekatnya dosa kita!  Menjelang Natal tahun ini sudahkan kita mengambil waktu pribadi unutk datang kepada Tuhan Yesus? Sdahkah kita mengakui segala keberdosaan kita dengan penuh rendah hati? Atau kah kita masih sombong dan membiarkan bayi Natal tersebut yang datang menghampiri kita?

Semakin kita mengenal Yesus, maka kita akan semakin sadar bahwa kita adalah orang berdosa yang sebnarnya tidak layak dihadapan – Nya!

“Tetapi Yohanes mencegah Dia, katanya:
Akulah yang perlu dibaptis oleh – Mu, dan Engkau
Yang datang pada – Ku?”
                                                                      Matius 3 : 14
GOD Bless u

No comments: