Monday, August 21, 2023

(ArBer)Menjadi penangkal hoax

 


Menjadi penangkal hoax

 

Berita bohong ataupun berita yang belum bisa dijadikan fakta akan semakin banyak beredar di tahun politik kali ini.  Pemilu yang akan akan diselenggrakan tahun depan adalah dasar utama banyaknya berita bohong yang beredar, oleh karena mereka yang memperbutkan kursi kekuasaan tentunyabtidak ada yang mau mangalah.

Pendukung dari calon – calon pimpinan sebenarnya memang sulit sekali dikendalikan, apalagi dengan jumlah pendukung yang banyak.  Pemimpin politik memang mengharapkan semua hal berjalan lancar dan adil, namun tentu tidak demikian dengan pendukungnya, sebab ada saja cara kotor seperti menyebarkan berita bohong hanya demi kepentingan diri sendiri ataupun kelompok tertentu.

Kita sebagai orang percaya tentunya tidak boleh ikut dalam arus peneyebaran berita bohong ataupun bahkan dengan sengaja memberikan saksi dusta.  Kabar bohong ataupun saksi dusta kita tentu akan berdampak besar dan nantinya akan melahirkan banyak dosa yang lebih besar lagi, seperti iri hati, kemarahan, dendam ataupun bahkan pembunuhan karatkter maupun fisik.  Satu – satunya cara menanghkal berita bohong ataupun dusta adalah tidak menyaring segala informasi terlebih dahulu, dan jikalau tidak ditemukan kebenaran faktanya maka segera hentikan dan jangan diseber luaskan!

Setiap orang punya tanggung jawab yang sama atas penyebaran berita bohong atau berita dusta tentang sesama kita! Jadi berperanlah menjadi penyaring dan pemutus berita bohong! Bukan malahan menjadi penyebarnya!

“Janganlah engkau menyebar berita bohong

.......................................”

Keluaran 23 : 1

God Bless You

No comments: