Tuesday, October 24, 2023

(ArBer)Terlalu sayang akan menjadikanya manja!

 


Terlalu sayang akan menjadikanya manja!

 

Orang tua mana yang tidak menyayangi anak – anak keturunan darah daging mereka, meskipun ada juga sebenarnya yang tega menyakiti anak mereka, namun secara umum biasanya orang tua pastilah menyanyangi anak – anaknya.  Saking sayangnya bahkan ada beberapa pasangan orang tua yang berlebihan dalam menyayangi anaknya sehingga memnbentuk sifat manja si anak itu sendiri.

Perlakukan orang tuanyang memanjakan anak – anaknya sebenarnya ada juga tercatat di dalam Injil Tuhan.  Salah satu diantaranya adalam Imam Eli yang memanjakan anak – anaknya yaitu Hofni dan Pinehas.  Imam Eli terbiasa membiarkan anak – anaknya tersebut melanggar perintah Tuhan dengan mengambil bagian Tuhan dalam persembahan yang dikhusukan bagi Tuhan!  akhirnya kebiasaan buruk sang anak menghasilkan hukuman bagi imam Eli sendiri dan juga seluruh garis keturunan keluarganya.

Menyayangi anak tentu berbeda dengan memanjakannya.  Seorang yang memanjakan anak biasanya menempatkan anak di atas segalanya, sehingga kebutuhan anak dan kemauan sang anaklah yang diprioritaskan.  Ironisnya ada juga yang lebih menaruh hormat lebih tinggi terhadap anak dibandingkan kepada Tuhan Allah.  Sebagai orang percaya seyognya kita bisa menjadi orang tua yang baik bagi ketrurunan kita!  Menyangi mereka adalah tugas kita, namun memanjakan mereka hanya akan membawa kita serta mereka ke dalam penghukuman Tuhan Allah!

Sesayang – sayangnya kita terhadap anak – anak, tetaplah tidak boleh melebihi kasih kita kepada Tuhan Allah yang mengirimkan mereka ke dalam kehidupan kita!

 

“......................................

Dan mengapa engkau menghormati anak – anakmu

 Lebih dari pada- Ku, sambil kamu menggemukkan dirimu

Dengan bagian yang terbaik dari setiap korban sajian umat-Ku Israel

Sebab itu – demikianlah firman TUHAN Allah Israel

Sesungguhnya Aku telah berjanji; Keluargamu dan kaummu

Akan hidup di hadapan- Ku selamanya, tetapi sekarang

Demikianlah firman TUHAN- jauhkanlah hal itu dari pada- Ku!

Sebab siapa yang menghormati Aku, akan Kuhormati

Tetapi siapa yang menghina Aku, akan dipandang rendah”

1 Samuel 2 : 29 - 30

God Bless You

No comments: