Tuesday, November 14, 2023

(ArBer) Keberanian jiwa muda yang menneyasatkan

 


Keberanian jiwa muda yang menneyasatkan

 

Pendidikan pada era moderen ini, banyak menitik beratkan akan adanya kebebasan serta kreativitas diri.  Dampaknya banyak kalangan siswa yang berani dalam menghadapi berbagai hal, termasuk juga dalam hal negatif, seperti diantaranya adalah berani beradu argumen bahkan deradu fisik dengan teman maupun gurunya sendiri seperti gambar di atas.

Pendidikan moral tentunya dijarkan oleh pembimbing di sekolah maupun juga oleh orang tua di rumah.  Terkadang permasalahannya adalah ketika anak – anak beranjak remaja ataupun dewas, mereka lebih mudah terpengaruh oleh lingkungan sekitar dibandingkan dengan didikan maupun ajaran dari guru maupun orang tua meeka.  Kepercayaan terbesar mereka biasanya justru terhadap teman dan bukan orang tua apalagi gurunya.

Jiwa muda memang tekadang dipandang sebagai jiwa yang bebas melakukan apa saja, dan tanpa disadari kebebasan semu tersebut sebenarnya melahirkan konsekuensi yang berat dikemudian hari.  Jadi jikalau kita saat ini merasa sedang dalam puncak jiwa muda kita! Maka janganlah menaruh pendirian kita sama dengan apa yang terjadi di dalam dunia ini!  Tepaplah berpegang kepada firman Tuhan serta jangan sekali – kali mengabaikan didikan guru dan juga orang tua kita!

Jiwa muda harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin agar tidak menghasilkan dosa yang menyesatkan disepanjang kehidupan mendatang!

“Orang fasik tertangkap dalam kejahatannya

Dan terjerat dalam tali dosanya sendiri

Ia mati, karena tidak menerima didikan dan

Karena kebodohannya yang bear ia tersesat”

Amsal 5 : 22 - 23

God Bless You

No comments: