Tuesday, February 17, 2009


(Arber)


Maksud hati ingin…

Apa daya…



Ada pribahasa kuno yang berbunyi “maksud hati ingin memeluk gunung apa daya tangan tak sampai”. Pribahasa tersebut sering dipakai banyak orang apabila tujuan atau keinginannya tidak tercapai. Tujuan dan visi dalm hidup memang haruslah lebih besar dari kemampuan kita sekarang ini, karena jika visi kita adlah sesuatu yang bisa kita kerjakan dalam waktu yang pendek maka kita sendiri tidak akan berkembang karena kita tidak perlu memperbaharui atau berusaha lebih baik lagi. Pada saat segala usaha sudah kita lakukan, namun ternyata apa yang kita tuju masih belum tercapai, bagaimanakah cara kita menyikapi hal tersebut?.


Kekuatan manusia tidak mungkin cukup untuk menaklukan dunia ini, dan perlu kuasa Tuhan Sang Pencipta untuk campur tanga dalam segala kehidupan kita. Tuhan sangat mengasihi ciptaan – Nya, jadi mana mungkin apa segala cita – cita hidup kita yang baik, dibiarka - Nya berlalu dari hidup kita. Ada beberapa syarat agar apa yang kita impikan akan terwujud. Pertama adalah pastikan apa yang ingin kita capai dalam hidup kita adalah untuk menuju kebahagian bersama atau banyak orang, janganlah mengimpikan segala kebahaigan untuk diri kita sendiri, tetapi pikirkanlah sesuatu yang indah yang akan kita rih bisa bermanfaat juga bagi banyak orang. Kedua berusahalah sebaik dan sekuat mungkin untuk mencapai impian tersebut, karena jika impian tersebut hanya ada di benak kita, maka selamanya impian tersebut akan selalu dibenakkita sebab kita tidak berusaha mewujudkannya. Selanjutnya adalah andalkanlah kekuatan Tuhan dengan berdoa serta hidup berkenan dihadapan – Nya, karena kekuatan kita sendiri tak akan mampu meraih apa yang kita impikan. Sekalipun impian itu teraihpun sifatnya hanya sementara jika Tuhan tidak berkenan terhadap apa yang kita raih.


Ketiga hal tersebut akan menjadi percuma juga apabila, kita merasa jumawa atau sombong pada saat semua impian kita tercapai. Ingatlah apa yang kita capai bukanlah buah dari kekuatan kita sendiri, tetapi oleh karena kehendak- Nya. Ingatlah selalu memuliakan Tuhan, karena atas ijin Dia apa yang kita impikan bisa teraih. Nah selanjtunya jangan memikirkan “tangan” kita yang tak mampu memeluk gunung, tetapi pikirkanlah dukungan dari kekuatan Tuhan yang menciptakan gunung itu


“Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN,

yang menaruh harapannya

pada TUHAN”

Yeremia 17:7

GOD Bless u

No comments: