Wednesday, March 18, 2009

(ArBer) Manfaat team work atau memanfaatkan team work?



Manfaat team work atau memanfaatkan team work?



Minggu lalu Andi dijadwalkan menjadi usher/penerima tamu di Gerejanya, namun karena Andi sedang sakit, maka pengurus komisi ibadah Gereja tersebut mencari pengganti Andi. Andi senang karena mempunyai saudara seiman yang bekerja sama – saling membantu untuk membuat sebuah tim yang solid. Hari – hari berikutnya andi mulai manja, serta mulai memanfaatkan kelebihan timnya yang sangat solid. Andi mulai mencari alasan untuk menghindar dari tugas pelayanan, setiap kali ada jadwal pelayanan Andi selalu mencari alasan, dan akhirnya anngota tim yang lain menggantikan tugasnya dan kewajibannya. Tim yang solid tersebut sangat memperhatikan anggota – anggotanya, jika ada yang berhalangan maka yang lain siap membantu.


Kerja sama tim atau team work adalah kerja sama secara merata dan seimbang antara setiap anggota tim. Hal ini berarti sangat dibutuhkan sekali pengertian dan saling mendukung antar sesama anggota tim. Andi jelas hanya memanfaatkan kerja sama tim untuk kepentingan sendiri. Jika sudah berkomitmen dari awal untuk melayani, seharusnya Andi tidak mencari alasan untuk menghindari tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Andi adalah bagian dari tim, oleh karenanya sama dengan anggota lainnya dia juga patut melaksanakan tanggung jawabnya karena bagian yang dikerjakan Andi tentunya mempengaruhi kinerja tim secara keseluruhan. Team work juga menuntut suatu porsi yang seimbang. Karena mana mungkin Andi dikatakan bagian dari tim jika apa yang dia lakukan porsinya lebih sedikit dari anggota tim lainnya? Bayangkan apa yang terjadi jika suatu saat Andi ketahuan anggota lain bahwa dia hanya mencari alasan untuk tidak melayani?, maka pasti akan timbul perpecahan oleh karena ada anngota lain yang bekerja lebih banyak dari seharusnya. Memang setiap anngota tim harus membantu anggota lainnya yang sedang mengalami kesulitan, namun bukan berarti harus mengambil alih untuk jangka yang panjang, apalagi untuk alasan – alasan sepele yang menguntungkan diri sendiri.


Setiap anggota tubuh Tuhan yang tercermin dalam bidang – bidang ataupun komisi – komisi pada suatu Gereja haruslah saling bekerja sama. Semuanya harus saling memanfaatkan kelebihan angota lainnya sebagai pemacu semangat untuk lebih lagi dalam melayani Tuhan, tetapi janganlah justru memanfaatkan anggota lain untuk menutupi kemalasan anggota tertentu.


”Supaya jangan terjadi pepecahan dalam tubuh,

tetapi supaya anggota – anggota yang berbeda itu

saling memperhatikan”

1 Korintus 12:25

GOD Bless u

No comments: