Monday, March 30, 2009

(ArBer) Tidurlah secukupnya.


Tidurlah secukupnya.



Tubuh manusia perlu istirahat, seluruh organ dan panca indera tidak dapat digunakan terus menerus sepanjang hari, ada kalanya mereka juga perlu berhenti sejenak. Semua yang ada di ala mini membutuhkan waktu untuk berdiam sejenak atau beristirahat. Tuhan sang pencipta alam semestapun sengaja berisirahat pada hari ke-tujuh, setelah enam hari menciptakan alam semesta dan seluruh isinya.(Kejadian 2:2)


Sebenarnya tidur adalah bagian dari istirahat, namun Istirahat tidak harus digunakan untuk tidur. Istirahat dari rutinitas bisa dialihkan pada hal – hal yang lebih santai tetapi tetap bermanfaat, dan tentu saja bukan digunakan sepenuhnya justru untuk tidur dalamjangka waktu nyang lama. Tuhan mengkuduskan hari ke tujuh setiap minggunya, karena pada hari tersebut Tuhan berhenti dari segala pekerjaan-Nya.(Kejadian 2:3) Tuhan sudah memberi contoh istirahat bukanlah tidur melainkan justru berhenti dari segala rutinitas harian yang banyak menghabiskan tenaga dan pikiran untuk kepentingan duniawai.


Istirahat yang dikuduskan Tuhan jika dikaji lebih dalam lagi maksudnya adalah, istirahat dari rutinitas duniawi, dengan berfokus kepada satu – satunya sumber damai kita di dunia dan di Sorga yaitu Tuhan Yesusu Kristus. Cara berfokus kita dikatakan santai karena tidak menggunakan tenaga yang berlebihan atau kemampuan pikir yang tepat dan teliti. Kita hanya membutuhkan hati yang berserah kepada – Nya dan pikiran yang kosong untuk menerima segala firman – firman – Nya. Coba kita ingat – ingat lagi, kapan terakhir kita ke gereja pada pagi hari di hari minggu? Bisa jadi setiap minggu kita justru memperpanjang waktu tidur kita dahulu, kemudian baru mengikuti kebaktian siang atau malam hari.


Istirahat dari minggu bukan berarti kita tidur seharian serta bermalas malasan, melainkan kita “mengistirahatkan” rutinitas kita setiap hari. Tuhan Yesus sendiri terus berdoa pada waktu disaat murid – murid – Nya lelah dan tertidur(Matius 26:43-44)

Istirahat yang cukup bukan hanya tidur yang cukup, melainkan menyediakan waktu yang lebih untuk Tuhan.


“Kata – Nya kepada mereka:

Mengapa kamu tidur?

Bangunlah dan berdoalah,

Supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan”

Lukas 22:46

GOD Bless u

No comments: