Saturday, March 28, 2009

(ArBer) Yang terbesar harus melayani


Yang terbesar harus melayani


Ada peraturan tidak tertulis pada sebuah perusahaan yang diberlakukan untuk karyawan – karyawan barunya. Setiap karyawan baru harus membelikan makanan untuk rekan – rekannya yang lebih senior pada saat jam makan siang. Mamng karyawan baru tidak usah merogoh koceknya sendiri, karena dia hanya perlu mencatat segala pesanan makanan rekan – rekannya kemudian membelikanya sesuai dengan uang yang dititipkannya. Menurut para karyawan senior hal terebut hal tersebut dilakukan agar, karyawan baru bisa lebih mengenal lagi karyawan – karyawan seniornya sehingga proses adaptasi karyawan baru akan lebih cepat.


Benar ata tidak “peraturan” tersebut memang masih perlu diteliti, karena belum tentu karyawan baru bisa memanfaatkan hal tersebut untuk lebih mengenal karyawan seniornya, atau saiapa tahu hal tersebut justru membuat karyawan baru dendam dan cenderung membalaskannya kepada karyawan baru berikutnya. Dibalik semua itu, kita dapat melihat pentingnya peran melayani. Melayani berarti siap mengerjakan sesuatu untuk kepentingan orang lain. Melayani disamakan dengan kerelaan hati, walaupun imbalan yang didapatkan tidaklah sesuai atau terakdang bahkan tampa imbalan.


Pada malm terakhir sebelum Yesusu diserahkan Dia bersama murid – muridnya mengadakan perjamauan. Ironisnya perjamuan terakhir tersebut, bukannya membuat murid – murid semakin bersatu, nmaun membuat mereka mempersoalkan kira – kira siapa yang terbesar diantara mereka(Lukas 22:4). Yesus kemudian menjelaskan kepada mereka bahwa yang palin besar adalah justru mereka yang paling muda namun juga menjadi pemimpin dalam melayani.


Syarat untuk menjadi yang “terbesar” adalah melakukan hal – hal kecil, namun dilakukan dengan penuh kerealaan hati, inilah yang disebut melayani. Pelayanan apapun yang sepertinya kecil mungkin memenag tidak dilihat banyak orang, tetapi itu adalah modal kita agar dihormati dan menjadi yang terbesar. Lakukanlah hal – hal kecil yang berguna bagi banyak orang adalah suatu bentuk pelayanan. Kelak yang melayani paling banyaklah yang berhak mendapatkan tempat terbaik dihati setiap orang serta akan menjadikanya yang terbesar, paling tidak dalam hal pengorbanan dan kerelaan hatinya. Selanjutnya Tuhan Yesus pastilah akan mengingat itu semua.


“Tetapi kamu tidaklah demikian,

melainkan yang terbesar diantara kamu

hendaklah menjadi sebagai

yang paling muda dan

pemimpin sebagai pelayan”

Lukas 22:26

GOD Bless u

No comments: