Sunday, May 17, 2009

(ArBer) Maksudnya sih ingin menolong…


Maksudnya sih ingin menolong…


Manusia adalah makhluk sosial. Dalam kehidupan ini manusia tidak mungkin dapat hidup tanpa campur tangan individu lainnya. Walaupun kita mampu hidup sendirian di dalam hutan belantara, tetapi tetap saja apabila kita sakit ataupun dipanggil Tuhan, kita butuh orang lain untuk membantu dan menggurus kita. Se-mandiri apapun pastilah kita membutuhkan bantuan orang lain, meskipun bantuan tersebut hanya sebatas dari anggota keluarga.


Selain diberikan bantuan, kita juga terkadang dituntut untuk membantu orang lain. Terkadang dalam keadaan kita tidak siap justru ada yang memerlukan bantuan, nah pada saat tersebutlah kitu bukan saja di tuntut untuk membantu dengan suka rela tapi juga membantu dengan tepat. Kehidupan rohani kita dalam persekutuan gereja juga terkadang menghadapi hal serupa. Contohnya pada saat gereja mengadakan aksi sosial donor darah, pendonor yang datang melebihi perkiraan. Jelas pada saat seperti itu dibutuhkan bantuan dari jemaat lainnya agar smua pendonor bisa mendapatkan pelayanan lebih baik. Lalu jika kita diminta untuk membantu, dan ternyata kita memang punya waktu maka tentulah kita harus membantu. Sebelum membantu ada beberapa hal yang harus kita lakukan terlebih dahulu, pertama sempatkan diri untuk berdoa terlebih dahulu kepada Tuhan minta petunjuk-Nya agar kita dapat melayani dengan baik. Kemudian carilah informasi kepada yang membutuhkan bantuan mengenai apa saja yang boleh atau bisa kita lakukan, perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, serta bagaimana kita dapat membantu. Dengan demikian bantuan yang kita berikan akan tepat sesuai dengan sasaran atau tujuan dari mereka yang meminta bantuan.


Memberikan bantuan tentulah harus dilakukan dengan sepenuh hati, namun kita juga harus berhati – hati dalam memberikan bantuan. Jangan sampai kita yang memberikan bantuan justru menambah buruk suatu keadaan. Sikap rendah hati penuh dengan keikhlasan adalah modal awal untuk memberikan bantuan kemudian sedangkan penyertaan Tuhan adalah pengendali pola pikir dan tindakan kita dalam memberikan bantuan.


“Hendaklah kamu selalu rendah hati,

Lemah lembut, dan sabar

Tunjukkanlah kasihmu

dalam hal saling membantu.”

Efesus 4:2


GOD Bless u

No comments: