Tuesday, May 19, 2009

(ArBer) Tuhan yang maha besar


Tuhan yang maha besar.

Rasanya agak sulit bagi orang tua untuk menjelaskan hal - hal yang belum bisa diterima anak - anak kecil, Contohnya apabila ada anak yang bertanya mengapa awan berwarna putih, atau matahari sinarnya berwarna kuning? Bisa saja secara mudah kita orang tua menjelaskan itu semua, namun biasanya bila dijelaskan lebih detail dan panjang mereka akan semakin bingung. Biasanya bila sudah seperti ini, orang tua hanya menjelaskan secara sederhana kalau itu semua karena kenendak Tuhan yang maha besar. Tapi itu semua pasti tetap menimbulkan pertanyaan baru dari anak - anak yaitu "memangnya Tuhan lebih besar dari pesawat terbang?

Hal tersebut juga terjadi dalam kehidupan kita yang sudah jauh lebih dewasa dari pada anak - anak kecil. Terkadang dalam menghadapi suatu permasalahan, kita selalu bertanya kepada Tuhan mengapa harus masalah tersebut harus datang dalam kehidupan kita? Layaknya anak kecil kita selalu menanyakan sesuatu hal yang tidak bisa kita mengerti kepada Tuhan.

Tanpa kita sadari sebenarnya Tuhan pastinya juga sudah menjelaskan atau memberitahu pada kita bahwa ada makdsud dan kehendak - Nya dibalik segala permasalahan kita. Namun pemikiran kita tentunya tentunya tidak lebih besar dari apa yang direncanakan - Nya, sehingga kita tetap saja tidak percaya dan terus - meerus bertanya. Sebagai seorang yang dewasa dalam beriman kepada Tuhan, seharusnya kita menaruh kepercayaan tertingi melebihi logika den pengetahuan kita kepada apa yang menjadi kehendak Tuhan. Iman kita haruslah lebih besar dari permasalah yang kita alami!
Jika kita sudah mencoba menjelaskan dengan baik segala pertanyaan anak - anak, apalagi Bapa kita di sorga sang maha pengasih dan yang maha besar...

"O alangkah dalamnya kekayaan
hikmat dan pengetahuan Allah!
sungguh tak terselidiki keputusan - keputusan-Nya
dan sungguh tak terselami jalan-jalanNya"
Roma 11:33

GOD Bless u

No comments: