Sunday, May 17, 2009

(Arber)Memanggang apa?


Memanggang apa?

Gambar diatas tentu bukanlah kejadian sebenarnya dan sama sekali tidak ada maksud untuk membahas tentang daging anak panggang. Usia balita atau anak - anak adalah saat dimana mereka mengalami proses penyerapan segala sesuatu oleh panca inderanya dan kemudian tersimpan pada memori otaknya. Anak - anak selalu berusaha mencaritahu apa yang mereka lihat, raba atau dengar. Pada usia demikian seharusnya mereka juga "dibebaskan" belajar apa saja yang mampu diterima logika sederhana mereka. Masalahnya terkadang kebebasan membuat mereka sedikit berlebihan atau bahkan cenderung tidak mau dilarang dalam melakukan hal - hal yang disenanginya.

Biasanya jika mereka sudah menyukai suatu hal baru maka hal tersebut akan terus dilakukan berulang - ulang dan bahkan membuat mereka lupa waktu untuk makan, mandi atau bisa jadi mereka juga cuek terhadap nasehat orang tua ataupun orang - orang sekelilingnya. Sebagai orag tua kita memang diwajibkan untuk menegur atau meberi pengarahan kepada anak - anak apabila mereka sudah mulai nakal. Cara yang efektif yang bisa kita lakukan adalah mencoba memasuki "dunianya" , kemudian dengan perlahan mencari celah dimana mereka membutuhkan kita. Pada saat anak - anak membutuhkan kita maka pada saat itulah mereka akan benar - benar membuka diri untuk kita nasehati.

Sekarang ini banyak sekali kekerasan yang dialami oleh anak - anak balita, bahkan terakhir beredar rekaman seorang baby sitter yang menggunakan kekerasan fisik untukmenghentikan tangisan anak kecil. Anak - anak belum siap untuk dididik menggunakan hukuman fisik. Selain fsik mereka belum terlalu siap karena dalam masih dalam masa pertumbuhan, hukuman fisik juga akan menyisakan trauma mendalam. Pemikiran mereka yang masih sederhana belum bisa menerima dan memahami perlakuan kasar dari orang yang dekat dengan mereka setiap harinya.

Janganlah mendidik anak - anak dengan hukuman fisik, karena pada saat mereka dewasa mereka hanya akan mentaati peraturan yang mempunyai sanksi nyata. Tetapi didiklah anak - anak sesuai dengan firman Tuhan, dan pada saat mereka dewasa mereka bukan saja taat pada peraturan dengan sanksi nyata tetapi juga akan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan serta menjauhi dosa.

"Hajarlah anakmu selama masih ada harapan

tetapi
jangan engkau mengingini kematianya"
Amsal 19:18

GOD Bless u

No comments: