Tuesday, May 12, 2009

(ArBer) Mengulang tahun


Mengulang tahun


“Selamat ulang tahun, semoga panjang umur” kata – kata tersebut selalu kita dengar setiap kita merayakan hari kelahiran kita (Birthday = dalam bahasa Inggris). Kalimat selamat ulang tahun dapat dimaknai sebagai ucapan ikut berbahagia karena seseorang sudah bertambah satu tahun. Jika diteliti lebih mendalam lagi kata ulang tahun berarti kegiatan mengulang dalam waktu tertentu yaitu dalam hitungan tahun. Jelas siapapun tidak ingin mengulang kembali satu tahun seperti dengan tahun sebelumnya.


Seharusnya dalam setiap perayaan hari lahir kita, ada suatu intropeksi secara keseluruhan dalam berbagai aspek kehidupan kita. Setelah melakukan hal tersebut barulah kita dapat memastikan apakah hari – hari yang kita lewati telah dilalui lebih baik dari hari – hari di tahun sebelumnya? Jika jawabanya adalah tidak maka kita pantas mendapatkan ucapan “selamat ulang tahun”, karena memang sepanjang tahun ini kita hanya mengulang apa yang telah kita lakukan/kerjakan sebelumnya, serta sama sekali tidak ada peningkatan kualitas dalam kehidupan kita. Sebaliknya jika jawabanya adalah iya, maka sebenarnya kita tidak pantas mendapatkan ucapan “selamat ulang tahun”, karena kita memang tidak mengulang tahun yang kita lalui, bahkan tahun ini kita lalui lebih baik lagi dari tahun sebelumnya.


Siapapun yang merayakan hari kelahiranya, sebaiknya mengambil waktu sejenak untuk bersaat teduh. Berbicaralah dalam doa kepada-Nya yang selalu menyertai kita sepanjang tahun. Mintalah kado dari-Nya berupa peringatan – peringatan-Nya yang dapat membawa kita kepada sebuah kesadaran untuk hidup lebih baik lagi dihadapan-Nya serta sesama kita hari lepas hari.


Usahakanlah agar hidup ini selalu baru dari tahun sebelumnya, sebab hidup 200 tahunpun tidak akan bermakna, jikalau setiap saat hal yang kita lakukan hanya ulangan dari tahun sebelumnya.


"Jadi siapa yang ada di dalam Kristus

ia adalah ciptaan baru:

yang lama sudah berlalu

sesungguhnya yang baru sudah datang"
2 Korintus 5:17


GOD Bless u

No comments: