Friday, May 15, 2009


Sehat sampai tua


Usia manusia pada zaman dahulu berbeda dengan umur manusia saat ini. Dahulu manusia masih hidup bergantung pada alam, sehingga semua proses metabolisme tubuh masih tampak alami. Pertumbuhan dan pembentuka sel – sel manusia berjalan dengan sangat baik, sehingga manusia bisa hidup mencapai ratusan tahun lebih. Sedangkan saat ini semua bergantung pada teknologi atau alat – alat bantu buatan manusia yang memang lebih efektif, namun juga berdampak negatif bagi tubuh kita, terutama sisa pembakaran, limbah kimia dan lain sebagainya. Misalnya manusia sangat bergantung pada kendaraan atau mesin – mesin yang justru sisa pembuangannya akan membuat polusi udara sehingga apabila polusi itu masuk kedalam tubuh, maka proses metabolisme tubuh akan terganggu. Metabolisme yang terganggu serta beban pikiran yang banyak akan menjadi sumber berbagai penyakit. Penyakit – penyakit tersebutlah yang membatasi umur manusia saat ini, ironisnya sekarang jarang sekali manusia yang berimur di atas 60 tahun yang masih bebas dari penyakit. Panjangnya umur manusia sebenarnya bukan yang terutama, karena percuma saja umur mencapai 100 tahun, tetapi menghabiskan seperempat hidupnya di tempat tidur(sakit – sakitan). Kesehatan tubuh kita lebih penting dari berapapun panjangnya umur kita di bumi ini.


Iman kita juga harus selalu dijaka kesehatannya, tidak perduli sudah berapa lama kita mengenal Yesus, apabila iman kita tidak sehat, maka sebenarnya kehidupan kita didalam – Nya akan menjadi sia – sia. Berapa lamapun kita melayani juga tidak menjamin iman kita akan selalu sehat. Cara untuk menetahui apakah iman kita sehat atau tidak? adalah dengan melakukan intropeksi, apakah kita sudah peka terhadap kehendak-Nya atau kita justru kita lebih peka terhadap tanggung jawab kita dalam melayani sesama? Banyak pelayan – pelayan Tuhan yang terkadang tidak mempunyai saat teduh lagi bersama Yesus, oleh karena kesibukannya dalam melayani sesama yang belum mengenal keselamatan.


Hal penting yang harus selalu kita ingat adalah menjaga kesehatan tubuh lebih penting dari berapapun umur yang disediakan – Nya kepada kita, serta menjaga kemurnian iman kita di hadapan – Nya lrbih prnting dari berapa lama dan banyaknya pelayanan yang kita kerjakan.


"Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu

……

sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemulian dan kehormatan

pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya"

1 Petrus 1:7

GOD Bless u

No comments: