Tuesday, June 2, 2009

(ArBer) Saling berbagi


Saling berbagi


Curhat(curahan hati) bukanlah istilah baru dalam kalangan remaja saat ini. Curhat adalah ungkapan hati/perasan yang sifatnya sangat pribadi serta subyektif. Pada umumnya sesorang yang ingin curhat hanya memilih oaring – orang tertentu yang dianggapnya bisa dipercaya, karena curhat sangat sensitif maka curhat merupakan titipan rahasia bagi si pendengar curhat. Curhat sama sekali tidak melanggar etika maupunmoral, namun terkadang isi curhat memiliki dampak negatif yang berkepanjangan dan merusakhubungan antar sesama.


Para remaja biasanya masih memiliki sifat egois yang kuat, apabila mereka dalamkeadaan bahagia, maka hal tersebut akan dinikmati sendiri. Sebaliknya jika mereka sedang bersdih, mereka selalu mencari orang lain sebagai penampung kekesalan ataupun mengungkapkan curahan hatinya. Isi dari curha 80% biasanya adalah mengenai hal-hal negatif berupa keluhan, ungkapan kekesalan, dan lain sebagainya. Ironisnya curhat harus disimpan baik – baik oleh si pendengar. Coba bayangkan jika curhat tersebut berisi ngkapan kekesalan terhadap orang lain maka, ada kemungkinan si pendengarpun akan ikut membenci karena hanya mendapatkan informasi sepihak.


Tuhan mengajarkan kita untuk saling berbagi dan mengasih, pada saat kita curhat sebenarnya kita sudah berbagi. Ada satu hal yang harus kita lakukan sebelum curhat ialah dengan berdoa terlebih dahulu. Dengan doa, berarti kita telah meminta pimpinan-Nya atas setiap kata – kata kita nantinya tidak merugikan orang lain. Kita juga harus berdoa agar orang yang akan mendengar curhat kita berada dalam posisi netral dan tidakmemihak.

Jika kita diharuskan saling berbagi maka, sebaiknya berbagilah cerita akan kebahagian kita karena perbuatan-Nya yang ajaib, daripada harus berbagi curhat tentang kesedihan kita.


“Ceritakanlah kemulaan – Nya di antara bangsa – bangsa

dan perbuatan – perbuatan yang ajaib

di antara segala suku bangsa ”

Mazmur 96:3

GOD Bless u

No comments: