Thursday, June 18, 2009

(ArBer) Serupa tapi tak sadar


Serupa tapi tak sadar


Anak – anak anjing pada gambar diatas sangat mirip, bnetuk wajah dan warna – warna bulunya sanagat serupa. Tetapi apakah anak anjing tersebut sadar jika mereka serupa?


Banyak sekali hal yang kita lakukan setiap harinya serupa dengan orang lain, namun terkadang kita tidak sadar bahkan terkadang justru tidak mengakuinya. Mungkin terkadang kata – kata yang keluar dari mulut kita serupa dan sama saja dengan mereka yang belum mengenal Tuhan. Misalnya pada saat kita bersama beberapa teman baik kita untuk membicarakan orang lain yang suka sekali mencari kesalahan orang lain. Memang betul orang yang kita bicarakan mempunyai kebiasaan buruk suka mencari – cari kesalahan orang lain, namun jika kita berkumpul dan secara khusus membicarakan kejelekan orang lain tersebut tanpa tindak lanjut nyata berarti kita sebenarnya sama saja dengan orang yang suka mencari kesalahan orang lain tersebut. Seharusnya kita bisa saja menasehatinya dahulu secara pribadi sambil tidak lupa senantiasa mendoakannya agar orang tersebut cepat sadar akan kebiasaan buruknya itu.


Sebagai anak – anak Tuhan, kita mempunyai tanggung jawab dalam berkata – kata serta bertingkah laku. Perhatikanlah apa yang keluar darimulut kita, jangan samapai apa yang kita pikirkan berbeda dari apa yang keluar dari mulut. Maksud baik akan menjadi salah jika kita salah berbicara. Berpikirlah dahulu sebelum kita siap membahas seseorang yang kemungkinan bersalah. Jangan terlalu fokus akan kesalahan yang ditimbulkannya, namun sebaliknya lihatlah kesempatan yang ada untuk menyadarkanya. Hati – hatilah untuk menilai orang lain apalagi membicarakanya dengan mulut kita, karena bisa jadi kita sendiri serupa dengan mereka, hanya saja kita tak sadar.


“Janganlah kamu disesatkan orang

dengan kata-kata hampa,

karena hal-hal yang demikian

mendatangkan murka Allah

atas orang –orang durhaka”

Efesus 5:6


GOD Bless u


No comments: