Friday, June 12, 2009

(ArBer) Tarzan tanpa hutan


Tarzan tanpa hutan


Kita semua tentunya sudah mengetahui bahwa Tarzan adalah seorang anak yang dibesarkan sejak kecil di dalam hutan. Sepanjang kehidupannya di dalam hutan, dia berteman dengan seluruh binatang hutan. Tarzan para binatang tersebut sangat tergantung pada pohon – pohon besar dan tumbuhan – tumbuhan lainya di dalam hutan. Mungkin tanpa hutan mereka tidak mungkin bisa bertahan hidup dalam jangka waktu lama.


Tarzan memang sebuah tokoh dalam cerita fiksi, namun coba kita bayangkan apabila tokoh Tarzan benar – benar ada! Kemungkinan yang terjadi adalah kita tidak bisa melihat lagi Tarzan bergelantungan dari satu pohon ke pohon lain sambil berteriak. Tarzan pastinya tidak bisa bergelantung lagi karena pohon – pohon besar di dalam hutan sudah hampir habis akibat ulah manusia yang menggundulinya. Tarzan mungkin sudah biasa hidup tanpa pakaian, akan tetapi Tarzan tak munkin hidup tanpa hutan.


Tuhan menyediakan semua yang ada di seluruh alam semesta ini untuk dimanfaatkan dan demi kebaikan umat manusia serta makhluk ciptaan lain-Nya. Jelas kita punya hak untuk memanfaatkan pohon - pohon dalam hutan, namun bukan berarti kita bebas dari kewajiban untuk melestarikannya. Hutan yang semakin gundul akibat kerakusan manusia dalam memanfaatkanya akan menimbulkan berbagai bencana alam. Mulai dari banjir, longsor sampai pada peningkatan suhu panas udara bumi. Hutan adalah paru – paru dunia, sama halnya dengan fungsi paru – paru dalam tubuh manusia, maka hutan juga sangat vital perannya dalam planet bumi ini. Belajarlah bertanggung jawab terhadapa apapun yang kita ambil dari alam ini. Sama seperti kita sangat membuthkan ala mini, maka alam ini juga membutuhkan campur tangan manusia. Alam ini sangat membutuhkan kesedian kita untuk ikut serta merawat serta melestarikan segala potensi yang ada dalam alam ini.


Kebuhan alam akan campur tangan manusia sam dengan kebutuhan manusia memerlukan alam, tanpa alam kita sama seperti dengan Tarzan tanpa hutan.


“Dan kepada mereka dipesankan,

supaya mereka jangan merusak

rumput-rumput di bumi

atau tumbuh-tumbuhan

ataupun pohon-pohon…..”

Wahyu 9:4


GOD Bless u

No comments: