Thursday, July 16, 2009

(ArBer) Memberikan uang saja tidak cukup.


Memberikan uang saja tidak cukup.


Setiap hari kita berpapasan dengan pengemis. Walaupun Jakarta adalah salah satu kota metropolitan yang modern, tetap saja selalu ada pemandangan miris dari para pengemis. Dari usia anak-anak sampai mereka yang lanjut usia, semua pengemis tersebut sepertinya sulit untuk diberantas.


Sebenarnya kata diberantas tidaklah tepat, melihat perkembangan ekonomi saat ini. Pengemis bisa jadi adalah korban krisis ekonomi berkepanjangan. Namun tetap saja kita tidak menutup kemungkinn kalau mereka juga bagian dari suatu organisasi yang sengaja menjadikan pengemis sebagai salah satu profesi yang mendatangkan keuntungan. Lalu pertanyaanya, bagaimana sikap kita sebagai orang Kristen dalam melihat fenomena sosial tersebut?


Tuhan pernah berfirman bahwa jika kita inging memperlakuka-Nya dengan baik maka perlakukanlah hal yang sama kepada orang-orang hina tersebut(pengemis atau kaum duafa). Terlepas dari kontorfersi mengapa mereka memilih untuk mengemis, kita wajib untuk memberikan apa yang bisa kita berikan kepada mereka, karena mereka memang membutuhkan kita. Jika kita merasa tidak perlu memberikan unag kepada pengemis yang masih dalam usia produktif, maka kita bisa memberikannya makanan atau minuman, lalu jikalau uang tidak ada pada kita maka senyumpun rasanya sudah cukup. Memang kita tidak harus memanjakan mereka yang masih sehat secara fisik dan masih muda dengan memberikan terus apa yang mereka minta. Intinya apapn yang bisa kita berikan, haruslah kita berikan dan jangan menahannya, satu hal yang paling penting tentunya yaitu berdoa untuk mereka. Kita harus memberikan apa yang bisa kita berikan, karena ada bagian mereka dalam segala berkat yang Tuhan titipkan kepada kita. Akan tetapi itusaja tidak cukup, kita juga wajib mendoakannya agar apapun yang bisa kita berikan dapat bermanfaat bagi mereka, atau paling tidak dapat merubah mereka agar terbuka jalan bagi mereka untuk mempunyai kehidupan yang lebih baik dan bermanfaat.


“Aku berkata kepadamu,

sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan

untuk salah seorang dari saudara-Ku

yang paling hina ini,

kamu telah melakukannya untuk Aku”

Matius 25:40


GOD Bless u

No comments: