Tuesday, September 8, 2009

(ArBer) Hidup mandiri


meta name="Generator" content="Microsoft Word 10">

Hidup mandiri


Wanita memang sepertinya fasih dengan pekerjaan rumah tangga, namun bukan berarti para pria tidak mampu mengerjakannya. Para pria seharusnya juga belajar untuk hidup mandiri dan mampu mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Wanita menuntut emansipasi atau persamaan hak dengan pria. Persamaan hak tersebut bukan saja dalam masalah kesempatan bekerja atau berkarir, namun termasuk juga di dalamnya persamaan dalam kewajiban untuk mengurus rumah tangga.


Saat ini persentase wanita yang bekerja sudah hampir setara dengan pria. Wanita dituntut bukan saja bisa mengerjakan pekerjaan rumah tangga, akan tetapi juga bekerja keras mencari nafkah. Kemudian bagaimana dengan tuntutan bagi para pria? Para pria juga seharusnya belajar untuk hidup mandiri. Mengerjakan pekerjaan rumah bukanlah suatu hal yang sulit, akan tetapi akan menjadi sangat berat jika kita hanya membayangkan di dalam benak saja.


Sebagai pasangan keluarga kristiani, alangkah baiknya masing – masing pasangan belajar untuk hidup mandiri. Bagi para istri, janganlah terlalu banyak menuntut suami dalam memenuhi kebutuhan nafkah keluarga. Kerjakanlah hal-hal sederhana seperti keterampilan membuat kue, menjahit, ataupun hobi – hobi lainnya yang tidak memerlukan banyak modal ataupun tenaga! Hal – hal sederhana tersebut bila dikerjakan dengan konsisten, maka akan menghasilkan suatu barang yang nyata. Walaupun sebenarnya rezeki dari ketrampilan tersebut tidak sebesar kerja keras suami, namun tetap saja tambahan tersebut akan sangat berguna bagi kebutuhan keluarga. Sebaliknya bagi para suami, mengerjakan sedikit saja pekerjaan rumah tangga sudah pasti akan banyak membantu para istri. Mulailah hidup mandiri dari dalam diri sendiri maka kuasa Tuhan akan menjadikan kemandirian kita berguna bagi orang yang kita kasihi dan juga orang lain!


“…agar mereka yang sudah percaya kepada Allah

sungguh-sungguh berusaha

melakukan pekerjaan yang baik

itulah yang baik dan berguna bagi manusia”

Titus 3:8


GOD Bless u

No comments: