Monday, October 19, 2009

(ArBer) Cahaya terang dibalik ombak besar.



Cahaya terang dibalik ombak besar.


Pemulihan kota Padang sedang berlangsung. Semua lapisan masyarakat berjuang untuk keluar dari bayang-bayang bencana. Pemulihan infra struktur mungkin sangat penting, namun alankah baiknya perubahan di fokuskan pada pemulihan mental dan spiritual para korban bencana alam gempa tersebut. Bantuan makanan terus mengalir baik dari dalam negeri maupun dari dunia internasional. Kebutuhan sehari-hari korban bencana alam sudah mulai tercukupi, tenda-tenda pengungsian sudah lebih layak ditempati dibandingkan tenda”seadanya” yang dipakai darurat pada saat gempa terjadi. Sudah saatnya prioritas lebih diarahkan pada pemulihan kondisi psikis korban gempa.


Setiap bencana pastilah membawa banyak penderitaan, akan tetapi akhir dari bencana tersebut sebenarnya adalah kemenangan bersama. Bagaimana bisa dikatakan kemenangan bersama, jika timbul banyak korban dan air mata? Bencana yang terjadi tentunya akan membuka mata kita semua. Semua elemen masyarakat tentunya membantu sekuat tenaga dan semampunya terhadapa para korban bencana alam. Bisa dibayangkan, jika dalam keadaan normal mungkin masyarakat jarang sekali membuka diri untuk mengenal saudara – saudara sebangsanya. Kejadian gempa di kota Padang menimbulkan dampak positif yang sangat besar, hal ini terlihat dari timbulnya rasa solidaritas kemanusian yang tinggi antar sesama warga negara ini.


Mungkin sebagian kita ikut menjadi korban dari bencana tersebut. Kesedihan, kekecewaan dan ketakutan adalah perasaan wajar yang timbul dari dalam diri kita, namun bukan berarti kita harus tetap terpuruk dengan keadaan tersebut. Pandanglah sisi positfnya! cobalah untuk membuka mata lebar-lebar dan melihat sekeliling kita! Kita pasti akan melihat banyak sekali sesama kita yang justru berjuang dengan gigih untuk membantu kita sekuat tenaga. Kasih Tuhan tidak pernah berhenti sama sekali, walaupun kita sedang berada dalam penderitaan Dia tetap mengasihi kita melalui banyaknya uluran tangan dan dukungan dari sekeliling kita.


Lihatlah bagian ke tengah dari ombak penderitaan hidup! maka kita akan melihat indahnya cahaya kasih-Nya.


“Engkaulah yang memerintah kecongkakan laut,

pada waktu naik gelombang-gelombangnya

Engkau juga yang meredakannya”

Mazmur 89:9


GOD Bless u

No comments: