Thursday, October 15, 2009

(ArBer) Memperlakukan dengan baik.



Memperlakukan dengan baik.


Banyak sekali dinatara kuita yang senang mempunyai hewan peliharaan. Hewan peliharaan seperti kucing, anjing, marmut, ikan bahkan sampai kura-kura, banyak sekali dicari untuk dipelihara di rumah masing-masing. Dengan memelihara mereka kita bisa lebih leluasa dalam mengekspresikan perasaan kita. Binatang tidak sepereti manusia yang gampang sekali tersinggung, asal diberi makan tepat waktu, biasanya binatang peliharaan akan menjadi jinak, tau beberpa binatang peliharaan bisa juga membantu memperingan pekerjaan manusia.

Binatang jinak memang terbukti dapat menurunkan tingkat stress bagi pemiliknya. Rutinitas sehari-hari serta intensitas yang tinggi dalam berinteraksi dengan sesama manusia, dapat menimbulkan kejenuhan. Saat seperti itulah kita bisa menghabiskan waktu untuk berinteraksi dengan hewan peliharaan kita. Pertanyaan yang kemudian timbul adalah, apakah kita hanya membutuhkan kehadiran mereka pada saat kita jenuh? Lalu apakah kita tahu mereka juga perlu diperhatikan secara khusus?

Walaupun mereka binatang yang hanya hidup berdasarkan insting, bukan berarti mereka tidak perlu diperhatikan. Hewan – hewan jinak tersebut juga butuh perhatian, terutama perawatan tubuh dan lingkungan tempat tinggal mereka. Bis adibayangkan bila kita senang memelihara ikan tetapi kita malas membersihkan Aquarium, atau suka memelihara burung, namun enggan membersihkan kandangnya. Mereka bisa menurunkan kadar stress kita, namun mereka juga butuh bantuan kita untuk membantu mereka tetap hidup bersih dan sehat.

Seperti raja Daud yang sangat mengasihi setiap domba-dombanya, seharusnya kita juga mau menyediakan waktu untuk merawat peliharaan – peliharaan kita. Perlakuan yang baik kepada hewan peliharaan kita adalah, bukti nyata kita menghormati makhluk ciptaan Tuhan. Jika mereka meringankan beban pikiran kita, mengapa kita tidak membantu mereka hidup lebih baik dan sehat?


”Orang benar memperhatikan hidup hewannya.....”
Amsal 12:10

GOD Bless u

No comments: