Tuesday, December 15, 2009

(ArBer)


Berani berlomba.


Menjelang akhir tahun Gereja A mengadakan sebuah kegiatan baazar sosial. Kebanyakan peserta dari bazzar tersebut adalah anak – anak remaja pada Gereja tersebut, walaupun sebenarnya bazzar tersebut terbuka untuk umum. Dalam bazaar tersebut juga diadakan beberapa aksi sosial seperti penjualan sembako murah ataupun barang – barang keperluan sekolah yang dijual murah. Hal demikian dilakukan karena memang tema bazaar pada gereja tersebut adalah “berlomba untuk melayani”.


Satu hal yang sangat disayangkan adalah, kegiatan yang diadakan gereja A, ini hanya diikuti oleh para pelayan atau aktivis gereja, tidak ada sama sekali perwakilan dar jemaat, walaupun sebenarnya partisipasinya di buka untuk seluruh anggota pelayan serta jemaat gereja A. Beberapa jemaat yang diminta untuk ikut berpartsipasi, menanggapinya dingin dengan mengatakan” Kegiatan ini memang bagus, akan tetapi biarlah orang berpengalaman yang melakukannya, kami belum layak berkompetisi dengan para hamba Tuhan untuk melayani sesama”. Sekilas pernyataan itu memang hanyalah sebuah alasan klise atas rasa malas jemaat, akan tetapi pernyataan tersebut juga mungkin bisa menjadi sindiran bagi pribadi kita.


Masalah pelayanan adalah kewajiban bagi kita semua, dan tentu saja merupakan tanggung jawab pribadi kita kepada Tuhan. Kemudian masalah kelayakan dalam berkompetisi dalam melayani, kita terkadang terpaku oleh anggapan-anggapan tertentu. Misalnya kita menganggap bahwa hamba Tuhan akan lebih mudah ditrima orang awam dibandingkan kita yang terbatas pengetahuan Alkitabiahnya dalam melakukan pelayanan. Hal tersebut belum tentu benar, karena pelayanan yang benar bukan terfokus pada kemampuan melayani, akan tetapi justru berfokus pada keinginan melayani. Belajarlah peka terhadap kegiatan pelayanan disekitar kita, dan janganlah takut megambil bagian dalam pelayanan dengan mereka yang sudah berpengalaman dalam melayani sesama, karena di mata Tuhan kesempatan kita semua sama dalam memenangkan jiwa.


Jika kita sudah diwajibkan untuk ikut dalam perlombaan, maka kita jangan takut siapa serta apapun yang akan kita hadapi!


“…marilah kita meninggalkan

semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita,

dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan

yang diwajibkan bagi kita”

Ibrani 12:1


GOD Bless u

No comments: