Tuesday, January 19, 2010

(ArBer) Hidup untuk makan atau makan untuk hidup?


Hidup untuk makan atau makan untuk hidup?


Makanan adalah kebutuhan utama yang tak bisa diabaikan. Setiap mahkluk hidup tentunya membutuhkan makanan tidak terkecuali manusia. Untuk memperoleh makanan setiap mahkluk hidup harus berjuang dengan berbagai cara. Ada yang dengan berburu, bercocok tanam, sampai dengan bekerja kantoran, segala usaha tersebut dilakukan hanya demi untuk mendapatkan makanan yang diperlukan tubuh. Makan memang dibutuhkan untuk kelanjutan hidup kita, namun apabila makanan menjadi fokus utama dalam hidup ini, tentunya hal tersebut adalah keliru.


Banyak sekali diantara kita yang terkadang “lepas kontrol” pada saat menikmati makanan. Jika kita disajikan makanan yang sangat lezat tanpa harus membayar, kita pastinya akan berusaha melahap makanan sebanyak mungkin, tanpa memperhatikan kemampuan perut dalam menerima makanan. Belum lagi bagi kita yang sudah terbiasa sibuk dengan pekerjaan, yang biasanya hanya memiliki waktu tidak banyak dalam menyantap makanan. Waktu makan yang tidak banyak biasanya memaksa kita untuk menyantap fast food atau junk food, yang tentunya bernilai gizi rendah. Bahakan yang memprihatinkan ada juga diantara kita yang mempunyai hobi makan, sehingga menderita obesitas.


Makanan memang penting bagi tubuh kita, akan tetapi gizi serta porsinya juga harus diperhatikan. Dunia ini memang banyak menawarkan makanan – makanan lezat yang tiada habisnya, akan tetapi belum tentu makanan tersebut berguna bagi tubuh kita. Ingtlah akan satu hal bahwa tubuh ini adalah Bait Allah, maka segala makanan yang masuk haruslah makanan yang bergizi serta serta sesuai dengan kebutuhan tubuh ini.


Untuk mendapatkan makanan kita harus berusaha dan bekerja, oleh karena itu pastikanlah makanan yang kita dapatkan tersebut berguna bagi hidup kita saat ini serta hidup yang akan datang.


“Bekerjalan, bukan untuk makanan yang dapat binasa,

melainkan untuk makanan yang bertahan

sampai kepada hidup yang kekal….”

Yesaya 6:27


GOD Bless u

No comments: