Wednesday, January 27, 2010

(ArBer)Tetangga yang tidak akur.


Tetangga yang tidak akur.


Semakin kompleks kehidupan peradaban manusia akan membuat manusia semakin banyak meluangkan waktu untuk dirinya sendiri. Seorang yang bekerja membutuhkan ketenangan dalam kesendirian agar bisa lebih berkonsenterasi. Bayangkan apa yang terjadi apabila jam kerja atau beraktivitas berkisar 8-12 jam? Maka kesempatan untuk bertemu orang lain ataupun bersosialisasi akan menjadi suatu hal yang langka.


Tidak heran didalam kehidupan perkotaan seperti saat ini, banyak sekali penghuni suatu rumah atau apartermen yang tidak kenal dengan tetangga sebelah kanan atau kirinya. Padahal jarak tempat tinggal mereka berdekatan. Penyebabnya sudah dapat dipastikan adalah karena kesibukan para penghuni tersebut dalam aktivitas mereka. Pergi pagi dan pulang menjelang malam akan membuat seseorang untuk malas bersosialisai dengan tetangga, karena mereka juga membutuhkan istirahat sebelum memulai aktivitas untuk keesokan harinya. Tidak saling kenal merupakan bentuk torelansi paling tinggi pada kehidupan moderen di perkotaan, karena bukan hal yang langka lagi kalau sesama tetangga saat ini banyak timbul persaiangan atau bahkan saling menjatuhkan antara yang satu dengan yang lainnya.


Sebagai orang percaya, kita harus bisa mensyukuri dimanapun kita ditempatkan. Kita tak mungkin menemukan keadaan sempurna dalam lingkungan kita, dimana tetangga – tetangga bisa saling akur. Oleh karenanya kita sendirilah yang harus mewujudkan kesempurnaan tersebut dengan kasih yang Tuhan ajarkan kepada kita. Mungkin tetangga kita iri atau tidak senang dengan keberadaan kita, namun hal tersebut jangan kita jadikan ukuran untuk bersikap tidak akur dengan mereka. Lihatlah hal tersebut sebagai suatu kesempatan untuk mengenalkan kasih Tuhan yang sempurna.


Untuk mendapatkan tetangga yang baik, jadilah dahulu tetangga yang baik bagi siapa saja yang tidak senang dengan anda.


“…..Hiduplah selalu dalam damai

seorang dengan yang lain”

1 Tesalonika 5:13


GOD Bless u

No comments: