Saturday, January 23, 2010

(ArBer)Tidak pilih kasih.


Tidak pilih kasih.


Beberapa waktu yang lalu kita dikejutkan dengan sebuah kenyataan bahwa tidak semua orang yang masuk dalam penjara mendapatkan perlakuan yang sama. Ternyata ada beberapa tahanan yang mendapatkan tempat yang disertai fasilitas mewah layaknya di rumah sendiri. Sungguh ironis, namun terkadang kita juga tidak terlepas dari kebiasaan pilih kasih.


Sebagai seorang tua terkadang kita memilih kasih. Bsagi anak-anak yang berprestasi atau penurut,kita akan memberikan apresiasi lebih. Guru juga acap kali memilih kasih dengan lebih memerhatikan anak – anak yang biasa duduk di bangku depan. Bahkan polisi secara jelas juga melakukan pilih kasih, dimana saat mobil – mobil dengan plat tertentu(AD, AL, atau AU) melanggal lalu lintas, mereka di biarkan berlalu begitu saja. Hal seperti in mungkin juga sudah mendarah daging di kehidupan kita, oleh karenanya kita sangat – sangat berharap pimpinan tertinggi Negara ini tidak pilih kasih dalam mempbrantas kejahatan korupsi.


Tuhan Yesus sebenarnya telan memberikan contoh teladan pada saat perjamuan bersama dengan ke – 12 murid-muridnya. Walaupun Dia sudah mengetahui siapa yang akan menyangkal ataupun menghianatinya, Dia tetap saja merendahkan diri dengan membasuh semua kaki murid-murid-Nya tersebut tanpa terkecuali. Perlakuan tersebut emmang seharusnya tidak layak diterima Rasul Petrus dan Yudas Iskariot, namun Tuhyan Yesus menagambil prespektif berbeda untu mengajarkan murid – murid-Nya tentang kebersamaan, kerendahan hati serta kasih yang sama rata.


Apakah kita termasuk dalam mereka yang sering pilih-pilih kasih? Atau bisa jadi kita sendiri sudah terbiasa menikmati kesenangan di balik pilih kasih yang kita terima? Memang agak sulit untuk menghilangkan sifat tersebut, akan tetapi kita mempunyai Tuhan yang maha adil yang bahkan rela mati bagi mereka yang menghina-Nya. Berdoalah minta serta Tuhan untuk mengajarkan keadilan-Nya kepada kita agar kita bisa mempraktekkan kasih yang sama rata kepada sesama kita.


Gambar di atas menunjukkan bahwa binatang ssaja ingin diperlakukan sama, apalagi kita yang adalah makhluk sempurna ciptaan Tuhan?jadi mulai saat ini jangan pilih kasih lagi!


“Kemudian tuan itu

menyuruh pula hamba-hamba yang lain,

labih banyak dari pada yang semula,

tetapi merekapun diperlakukan sama seperti

kawan-kawan mereka”

Matius 21:36


GOD Bless u

No comments: