Tuesday, January 26, 2010


meta name="ProgId" content="Word.Document">

Semangat Spartan


Film 300 banyak memberikan insipirasi dalam hidup ini. Bagaimana tidak seorang pemimpin berani menuju medan perang hanya dengan 300 prajurit, sedangkan musuh yang dihadapi berjumlah puluhan ribu. Walaupun ending dari cerita tersebut menggambarkan kekalahan dari pasukan Leonardis, tetap saja keberanian dan tekad mereka membakar semangat prajurit serta rakyat Spartan untuk mempertahankan wilayahnya dari jajahan bangsa lain.


Jumlah yang banyak memang tidak selamanya menjadi jaminan dalam suatu pertempuran. Dibutuhkan semangat, taktik serta perhitungan yang matang. Kelompok yang lebih kecil namun menguasai kondisi medan pertempuran akan mudah untuk memenangkan peperangan walupun lawan yang dihadapi berjumlah besar. Intinya kuantitas tidak selalu lebih baik dari kualitas, butuh kombinasi keduanya agar terwujud keseimbangan.


Dalam kehidupan ini, kita juga terkadang “kalah” dengan jumlah yang lebih banyak. Walaupun terkadang kita dalam posisi yang benar, namun jikalau mereka yang jumlahnya lebih banyak bersalah, kitapun kemudian ikut menjerumuskan diri. Bukan hal yang aneh lagi apabila terdapat korupsi yang dilakukan secara “berjamaah” oleh suatu intitusi pemerintahan tertentu. Biasanya kita menggunakan alasan bahwa; “tidak enak, dipaksa, demi kebersamaan, sampai dari pada dikucilkan mendingan ikut aja”


Memang bukanlah hal mudah untuk mempertahankan prinsip hidup kekristenan di tengah dunia yang fana ini. Jumlah kita yang beriman memang bukan apa dibandingkan mereka yang memmilih kesenangan dunia ini. Akan tetapi sebenarnya itu bukan alas an bagi kita untuk “menyerah” serta begabung bersama mereka. Teteplah berdiri teguh, dengan terus menguatkan iman kita didalam-Nya, walaupun jumlah kita lebih sedikit, kita tetap mempunyai sumber kekuatan yang lebih besar dari mereka penikmat dunia ini yang jumlahnya lebih banyak.


Jika kita ditopang oleh kekuatan yang besar, sebanyak apapun lawan, tidak akan membuat kita tawar hati. Jadi tetaplah bersemangat!


“Yang menyertai dia adalah tangan manusia,

Tetapi yang meyertai kita adalah TUHAN,

Allah kita, yang membantu kita

Dan melakukan peperangan kita……”

2 Tawarikh 32:8


GOD Bless u

No comments: