Friday, February 19, 2010

(ArBer)Jangan seperti kabel kusut!


Jangan seperti kabel kusut!


Listrik dibutuhkan oleh semua orang, dalam kehidupan sehari – hari. Kebutuhan hidup yang sangat ketergantungan akan listrik, menyebabkan kebutuhan listrik meningkat. Kebutuhan listrik yang meningkat menyebabkan orang - orang terdorong untuk mendapatkan suplai listrik dengan cara apapun, akhirnya satu tiang listrik bisa diikatkan beberapu puluh kabel listrik atau bahkan ratusan. Berpa jumlah kabel yang berada dalam sebuah tiang memang bukan masalah, namun permasalahan utamanya adalah apabila kabel-kabel tersebut tidak tersusun rapi, maka selain bahaya, kabel-kael listrik tersebut juga merusak pemandangan.


Kegiatan pelayanan dalam sebuah Gerejapun seharusnya tersusun serta tertata dengan rapih. Dewasa ini pelayanan Gereja sudah semakin kompleks, bukan hanya dalam bidang ibadah, namun sekarang juga sudah terdapat pelayanan dalam bidang-bidang kemnuisan, social bahkan dalam bidang kesehatan serta pendidikan formil. Apabila berbagai bidang/komisi tersebut berjalan semaunya atas nama Gereja, maka yang terjadi adalah kekacauan, secara interen dalam gereja serta hubungan yang tidak harmonis dengan bidang/komisi lain. Setiap bagian mempunyai fungsinya masing-masing. Seberapa banyak bidang atau sub bidang pelayanan sebenarnya bukan masalah asalkan ada pengaturan dan sistem pelaksanaan yang rapih.


Pelayanan kita memang terutama kita persembahkan seutuhnya untuk kemulian Tuhan, namun akan tetapi, pelayanan kita juga menjadi contoh teladan kasih Tuhan dalam dunia ini, sehingga tidak heran banyak orang yang memperhatikan bentuk pelayanan bidang-bidang/komisi dalam sebuah Gereja. Jika apa yang kita tunjukkan kepada banyak orang adalah sesuatu yang tidak teratur dan sembrawut seperti kabel kusut, maka bukan pesan kasih yang bisa diterima masyarakat umum, melainkan ketidakprofesionalan serta ketidakaturan dalam bertindak. Dengan demikian cepat atau lambat, pelayanan Gereja akan menjadi batu sandungan bagi mereka yang belum atau baru saja ingin mengenal Tuhan. Mempunyai banyak rencana dalam melayani sesama adalah hal mulia, dan akan lebih bermanfaat lagi apabila kesemuanya itu ditata dengan rapih dan sistematis, sehingga hasil nyatanya akan mudah terlihat.


Segala pelayanan yang berdasarkan firman Tuhan dan demi kebaikan sesama memang diperbolehkan dalam Gereja, namun bukan berarti semua bisa dilakukan semaunya tanpa aturan.


“Tetapi segala sesuatu

Harus berlangsung dengan

Sopan dan teratur”

1 Korintus 14:40


GOD Bless u

No comments: