Thursday, February 18, 2010

(ArBer)Tidak adakah belas kasihan?


Tidak adakah belas kasihan?


Apa yang dilakukan orang pada gambar tersebut benar – benar jangan ditiru, baik dirumah, jalanan, sekolah, atau dimanapun kita berada. Pada gambar tersebut jelas sekali siapa yang memegang kendali, dan siapa yang akan keluar sebagai “pemenangnya”. Orang yang dibawah tersebut, sudah pasti orang lemah, yang sebenarnya bukan tandingan sepadan bagi pemuda tersebut.


Kita sebenarnya tidak harus membuktikan kelebihan kita apabila kita tidak memiliki “lawan” yang seimbang. Untuk apa kita yang sudah duduk dibangku kuliah harus berdebat dengan seorang anak kecil yang duduk dibangku sekolah dasar? Perdebatan tidak akan membawa banyak manfaat bagi kita, apalagi suatu kebanggaan. Di sekitar kita banya sekali mereka yang lemah, dalam artian bukan secara fisik, akan tetapi dalam banyak aspek, misalnya lemah secara ekonomi, moral, pendidikan dan lain sebagainya. Bersyukurlah apabila kita bebas dari kelamahan tersebut, akan tetapi hal tersebut bukan berarti kita harus bertindak superior untuk “menguasai” mereka(misalnya sikap semana-mena kita terhadap pembantu, supir tukang kebun ataupun pemulung).


Mereka yang lemah sebenarnya harus dilindungi. Untuk berjuang hidup saja, mereka sulit, lalu untuk apa yang bisa kita banggakan jika kita “menang” melawan mereka. Sebaliknya kita seyogyanya menunjukkan belas kasihan kita kepada mereka yang lemah. Belas kasihan kita akan berguna untuk membangkitkan semangat mereka, untuk berjuang mengatasi kelemahan hidup mereka. Berdoalah kepada Tuhan, agar kita bisa lebih peka lagi terhadap orang-orang lemah disekitar kita. Mintalah kepadan-Nya hikmat dan kebijaksanaan untuk menghadapi mereka yang lemah agar kasih Tuhanh bolehn tersalur juga kepada mereka.


Tuhan sang Pencipta alam semesta saja tidak menyakiti manusia ciptaan-Nya, lalu apakah alasan kita untuk menyakiti sesama manusia yang lebih lemah?


“Siapa menaruh belas kasihan

Kepada orang yang lemah

Memiutangi TUHAN

Yang akan membalas perbuatannya itu”

Amsal 19:17


GOD Bless u

No comments: