Friday, March 19, 2010

(ArBer)Biasakan berolah raga!



Biasakan berolah raga!


Kapan terakhir kali, kita menghabiskan beberpa jam untuk berolah raga? Sepertinya pertanyaan tersebut sulit sekali dijawab, apalagi bagi kita semua yang hidup dengan rutinitas yang super kompleks. Dari hari senin sampai jumat, kita disibukkan rutinitas harian, hari sabtu dan minggu merupakan hari libur, akan tetapi biasanya kita gunakan untuk beristirahat, dan sedikit memanjakan tubuh kita dengan menambah jam tidur. Sedangkan hari minggu kita disibukkan lagi dengan jadwal pelayanan di gerja, atau justru hari minggu kita mengunjungi atau dikunjungi sanak saudara. Lalu kapankah waktunya, kita berolah –raga?


Tubuh ini adalah modal utama kita didunia ini, jika kita mempunyai jiwa yang sehat, hal tersebut akan menjadi percuma jika tubuh kita sakit-sakitan. Tubuh ini juga ada batasnya ada kalanya perlu istirahat, namun yang paling penting bukanlah istirahatnya, namun melatih tubuh ini agar siap dengan rutinitas keseharian yang sudah terjadwal. Dengan olah raga, bukan saja membuat tubun ini segar, namun juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus – virus penyakit. Tidur atau beristirahat yang terlalu berlebihan akan membuat tubuh kita membutuhkan waktu lebih lama untuk memulai kegiatan rutinitas harian, namun apabila kita memanfaatkan waktu istirahat dengan disertai berolah raga, maka tubuh akan terasa lebih segar serta siap menghadapi rutinitas harian.


Kita perlu melatih roh dan jiwa kita dengan membaca serta merenungkan firman Tuhan. Selain mendapatkan nutrisi yang baik dari firman Tuhan, kita juga perlu melatihnya dengan memperbanyak persekutuan antara sesama saudara seiman kita, serta pelayanan terhadap lingkungan sekitar kita. Sama halnya dengan jiwa kita, tubuh raga ini juga anugerah Tuhan yang harus kita jaga. Tanpa tubuh yang sehat, jiwa kitapun akan tersiksa dan akan sulit dalam berkativitas. Mulai saat ini, sisikanlah waktu untuk berolah raga, jika kita sulit menyiapkan waktu khusus, maka alangkah baiknya kita menyediakan waktu sejenak dimana saja untuk berolah – raga ringan. Sama seperti kita menyediakan waktu untuk berdoa, kita juga harus menyediakan waktu untuk berolah raga, karena hal tersebut sangat baik bagi kesehatan jiwa dan raga kita.


Berolah raga tidak harus dilakukan diwaktu atau tempat yang khusus.


“Tetapi aku melatih tubuhku

Dan menguasainya seluruhnya,

……”

1 Korintus 9:27


GOD Bless u

No comments: