Tuesday, March 30, 2010

(ArBer)Hobi atau kecanduan?


Hobi atau kecanduan?


Setiap orang mempunyai hobi masing-masing. Hobi – hobi tersebut biasanya unik dan berbeda antara satu orang dengan yang lainnya, ada yang suka akan olah raga, seni, melakukan penelitian, atau hal unik lainnya. Lalu pertanyaan yang timbul adalah apakah, hobi bisa menjadi suatu kebiasaan? Atau bahkan melebihi hal tersebut, alias kecanduan?


Hobi adalah sesuatu hal yang positif karena kan memacu semangat kita saat kita mengerjakannya, dengan adanya semangat tersebut, maka pikiran kita kan terfokus dengan demikian cara kerja organ tubuh akan maksimal. Kerja organ tubuh yang maksimal akan menghasilkan energi positif dan akhirnya menghindarkan kita dari stress atau beban berat dalam pikiran. Intinya jika kita melakukan hobi tersebut wajah bahagia akan terpancar dari raut muka kita. Akan tetapi semua hal harusla ada batasannya, berlebihan dalam melakuakn hobi kita akan membawa kita “terisolasi” dengan orang – orang sekitar kita yang tidak mempunyai hobi sama. Lebih buruk lagi adalah apabila hobi sudah menjadi kebiasaan, maka banyak waktu akan terbuang disana, apalagi jika hal tersebut sudah membuat kita kecanduan, maka hidup kita akan menjadi sia-sia. Maksudnya adalah kita diberikan waktu 24 jam sehari, alangkah baiknya kita memanfaatkanya untuk banyak hal, selain untuk diri sendiri kita juga harus menyediakan waktu untuk Tuhan serta kerabat dan lingkungan sosial kita. Namun apabila seorangh sudah kecanduan akan hobi tertentu, maka hal diatas sepertinya sudah tidak relevan lagi untuk dilakukan, karena fokus utama hidup hanya untuk hobi saja.


Belajarlah untuk mengendalikan diri denagn apa yang kita sukai didalam dunia ini, karena semuanya tidaklah akan kekal. Ada saatnya kita tidak akan dapat melakukan hobi tersebut(apabila sudah tua/meninggal), oleh karenanya lakukanlah seperlunya dan jangan sampai kecanduan. Hal utama yang harus kita lakukan trus menerus adalah hal sedrhana seperti bersyukur dan memuji nama Tuhan. Karena sampai tua atau bahkan sampai kita menempati rumah-Nya, kita masih bisa terus untuk memuji nama Tuhan. Jadi kendalikanlah dirimu, dan jangan biarkan hobi duniawi mengendaliakan mu!


Pria (pada gambar diatas) bukanlah seorang yang sedang melakukan hobinya, tapi dia sedang kecanduan untuk memuaskan hasrat bermain golfnya.


“Orang yang tak dapat mengendalikan diri

Adalah seperti kota

yang roboh temboknya”

Amsal 25:28


GOD Bless u

No comments: