Wednesday, April 28, 2010

(ArBer)Melatih kebiasaan baik.


Melatih kebiasaan baik.


Anak-anak adalah bagaikan sebuah gelas kosong, apapun yang dimasukkan ke dalamnya akan menempati ruang gelas tersebut sampai penuh. Jika diisi air yang bening maka gelas tersebut akan terlihat bening, namun jika dimasukkan air susu ataupun kopi, maka warna asli minuman tersebut akan mendominasi ruang gelas tersebut. Intinya apapun yang kita masukkan ke dalam sebuah gelas kosong maka itulah yang terlihat.


Mendidik anak-anak bukanlah hal yang mudah. Anak-anak balita biasanya menirukan apa yang mereka lihat maupu dengar. Perkembangan sel otak mereka akan membuat mereka semakin peka menggunakan panca indera mereka. Walaupun sepertinya panca indera anak balita belum berfungsi optimal, namun sebenarnya saat-saat itulah otak memproses semua rangsangan yang diterima panca indera mereka. Segala rangsangan yang masuk dari panca indera mereka itulah yang nanti akan membentuk karakter berpikir serta mental anak-anak tersebut.


Sebagai orang dewasa kita seharusnya memberikan contoh yang baik dihadapan mereka(anak balita). Jangan pernah menganggap remeh anak-anak! walaupu mereka terlihat belum bisa bicara, akan tetapi pendengaran mereka menangkap dengan jelas setiap kata-kata kita. Kata-kata kasar yang keluar dari mulutkita mungkin tidak bisa langsung diikuti mereka, namun semuanya hanya masalah waktu, pada saatnya nanti kita akan melihat cerminan sikap buruk kita pada diri mereka.


Didik serta Ajarilah segala hal yang baik, dan berilah contoh terlebih dahulu sebelum kita memerintahkan mereka berbuat sesuatu. Perihalah perkataan kita dan emosi kita saat berhadapan dengan mereka! Apa yang baik yang kita contohkan kepada mereka mungkin tidak akan langsung kita rasakan manfaatnya, namun seiring waktu serta penyertaan Tuhan maka anak-anak kita akan tumbuh dewasa menjadi manusia – manusia yang lebih baik dibandingkan kita.


Latihlah anak-anak kita dengan kebiasan baik, maka pada saat mereka dewasa mereka akan menjadi orang terlatih kebiasaan baiknya.


“Didiklah anakmu

Maka ia akan memberikan

Ketentraman kepadamu

Dan mendatangkan sukacita kepadamu”

Amsal 29:17


GOD Bless u

No comments: