Tuesday, May 25, 2010

(ArBer)Minta tolong dengan benar.


Cara minta tolong benar.


Gambar diatas termasuk gambar humor yang cukup menggelitik. Bagaimana tidak, seorang yang terdampar di sebuah pulau kecil yang akan meminta tolong, tidak di gubris oleh sebuah pesawat yang melintasinya. Bahkan pesawat tersebut malah memberikan syarat kepada orang yang meminta tolong tersebut agar mereka mau menolongnya.


Meminta tolong adalah sebuah kesadaran akan ketidak mampuan diri sendiri. Kesadaran tersebut akhirnya membuat kita harus mendapatkan bantuan dari orang sekitar kita. Permasalahannya adalah bagaimanakah cara kita dalam meminta bantuan? Walaupun hal tersebut sepele, oleh karena timbul secara spontan, akan tetapi perlu juga etika khusus dalam meminta tolong. Etika dalam meminta tolong tidaklah diatur dalam suatu aturan tertulis, namun etika tersebut lebih bersifat moralitas ataupun kebiasaan dalam lingkungan tertentu. Tidak ada aturan baku seperti harus mengankat tangan pada saat meminta tolong, bersalaman dahulu ataupun menunduk pada saat meminta tolong, kesemuanya itu kembali kepada kebiasaan serta adat istiadat masyarakat tertentu. Lalu pertanyaan selanjutnya bagaimanakah sikap kita jikalau ingin meminta tolong kepada Tuhan?


Tentu saja ada aturan – aturan khusus pada saat jaman perjanjian lama, dalam hal meminta tolong kepada Tuhan. Akan tetapi setelah Yesus hadir ke dalam dunia ini, Dia mencoba untuk mendekatkan diri lagi dengan manusia ciptaan-Nya. Kehadiran-Nya membuat segala sesuatunya lebih sederhana, tak perlu ada cara-cara khusus untuk datang kepada-Nya selain hati penuh percaya serta keberserahan. Dengan demikian kapanpun serta dimanapun kita bisa datang meminta tolong kepada-Nya, hanya tentunya dengan syarat sedeharhana yaitu berserah seluruhnya kepada-Nya dan bukan “memaksa”-Nya agar kehendak kita yang jadi.


Jika memminta bantuan kepada sesama memerlukan cara-cara khusus, maka datanglah serta minta tolonglah kepada-Nya. Tidak peduli kapan, dimana dan cara kita meminta tolong Dia pasti akan mendengarkannya jika kita datang hati tulus ikhlas serta penuh keberserahan.


“Karena itu masrilah kita menghadap Allah

Dengan hati yang tulus ikhlas

Dan keyakinan iman yang teguh

……”

Ibrani 10:22


GOD Bless u

No comments: