Tuesday, May 18, 2010

(ArBer)Salah siapa?


Salah siapa?


Siapa yang harus disalahkan, apabila dari telur ayam muncul sekor anak gajah? Kesalahan ayam jantankah atau kesalaha induk ayam betina?(pada gambar diatas). Yang jelas keduanya tidak ada yang salah, karena hal tersebut tidakm mungkin terjadi.


Gambar diatas hanyalah gambar ilustrasi biasa, dan sesuatu hal yang bisa dikatakan mustahil terjadi. Dalam kehidupan rumah tangga sering juga terjadi hal yang identik dengan gambar tersebut, misalnya pada saat seorang anak mempunyai sifat dan karekter yang berbeda dengan kedua orang tua mereka, maka yang terjadi adalah keributan antar kedua orang tua mereka. Biasanya dalam mendidik anak kedua orang tua akan salang melempar tanggung jawab, namun setelah pertumbuhan sang anak tidak sesuai dengan keinginan mereka, maka mereka akan saling menyalahkan.


Dalam mendidik anak alagkah baiknya kedua orang tua berperan serta aktif. Jangan saling melempar tanggung jawab hanya karena kesibukan masing-masing. Waktu untuk anak-anak tidak bisa digantikan dengan apapun. Mungkin kita menyepelekan mereka dengan alasan bekerja untuk memenuhi kebutuhan masa depan mereka, akan tetapi pernahkah kita berpikir sebanyakm apapun persedian keuangan kita untuk mereka, jika mereka tidak bia memanfaatkanya sama saja hal tersebut adalah sia-sia. Anak-anak sangat membutruhkan perhatian orang tua, dibandingkan membutuhkan warisan materi dari orang tua. Jika anak-anak tumbuh penuh dengan hikmat dan kebijaksanaan maka kita tidak perlu repot-erepot menyediakan harta materi untuk kehidupan mereka. Apa yang mereka dapatkan dari kita akan menjadi bekal hidup yang lebih baik dari pada modal harta meteri.


Orang tua Kristiani harus bekerja sama dalam mendidik anak, dan bukan sebaliknya yaitu saling menyalahkan jika terjadi hal-hal buruk terhadap anak mereka yang sebenarnya terjadi akibat kesalahan mereka(orang tua) masing-masing.


“Disiklah anakmu,

Maka ia akan memberikan ketentraman kepadamu

Dan mendatangkan

Sukacita kepadamu”

Amsal 29:17


GOD Bless u

No comments: