Monday, June 14, 2010

(ArBer)Anak yang tidak diharapkan


Anak yang tidak diharapkan


Apabila gambar diatas menjadi kenyataan, maka bisa jadi tempat untuk menampung bayi yang tidak diinginkan tersebut terlalu kecil. Percaya atau tidak banyak orang tua yang tidak mengharapkan keberadaan seorang anak. Banyak hal yang menjadi penyebabnya, mulai dari masalah ekonomi, budaya, ataupun masalah kesehatan. Ironisnya lagi banyak orang tua yang justru kecewa ketika gagal mendidik anak sama seperti yang mereka inginkan.


Anak memang sejak kecil diharapkan mampu menjadi generasi yang lebih baik. Semua orang tua selalu menaruh harapan setinggi-tingginya bagi buah hati mereka. Sebagai orang tua seharusnya kita juga belajar untuk menerima mereka apa adanya. Pembekalan memang perlu kita berikan kepada mereka sebagai penerus generasi mendatang. Akan tetapi bukan serta merta kita memaksakan mereka menjadi seperti apa yang kita inginkan. Karakter anak akan terbentuk dari beberapa faktor. Memang faktor paling dominant adalah faktor dari linkungan keluarga, namun faktor lain seperti ilmu pendidikan serta sosialisasi dengan lingkugan sekitar juga berpengaruh dalam pembentukan karakter mereka.


Sebagai orang tua yang menetapkan dasar-dasar kasih Kristus alangkah baiknya kita, berusaha bijak dalam membentuk karakter mereka. Hikmat, kebijaksanaan dan pengertian perlu kita ajarkan dan turunkan kepada mereka, akan tetapi akal, budi serta ilmu pengetahuan adalah faktor lain yang harus mereka pelajari sendiri. Dengan demikian anak-anak akan membentuk karakter yang kuat sesuai dengan ilmu yang mereka terima namun tetap berhikmat sesuai dengan ajaran kasih Kristus yang kita ajarkan dan latih dari semenjak kecil. Bekal tersebut akhirnya akan mendukung pola pikir mereka untuk menerima dan mempelajari sesuatu yang baik sesuai dengan kehendak Tuhan.


Dari pada memberikan cap buruk terhadap perkembangan anak-anak kita, alangkah bijaksananya apabila kita juga belajar menjadi orang tua seperti apa yang mereka harapkan, yaitu yang menyayangi dan mendidik mereka tanapa syarat khusus.


“Hai anakku, dengarkanlah dan terimalah perkataanku

Supaya tahun hidupmu menjadi banyak

Aku mengajarkan jalan hikmat kepadamu,

Aku memimpin engkau di jalan yang lurus”

Amsal 4:10-11


GOD Bless U

No comments: