Wednesday, June 23, 2010

(ArBer)Belajar berdoa.


Belajar berdoa.


Doa adalah hal paling mudah yang bisa dilakukan oleh manusia untuk dapat berhubungan langsung dengan pencipta-Nya. Doa adalah bentuk komunikasi paling sederhana dan mudah, namun mempunyai kekuatan yang besar untuk merubah sesuatu. Doa adalah “jembatan” penghubung antara manusia dengan pencipta-Nya. Dan satu hal yang pasti hanya doa yang membuat kita mengerti akan kuasa kasih Tuhan.


Sejak usia dini sebaiknya anak-anak sudah harus diajarkan untuk berdoa. Berdoa tidak membutuhkan kata-kata ataupun kalimat yang tersusun rapi, jadi anak-anak kecilpun bisa berdoa kapan saja. Biasanya diusia dini anak-anak selalu mengandalkan orang tuanya dalam berbagai hal yang mereka ingini. Orang tua dipandang sebagai suatu sosok yang mampu mengabulkan semua permintaan mereka. Hal tersebut tidaklah salah, akan tetapi kita juga perlu menjelaskan kuasa yang lebih besar yaitu kusa doa. Dengan berdoa kita mengajarkan anak-anak kita bahwa ada kuasa lain yang lebih besar daripada diri manusia. Kita juga harus memberitahukan bahwa dengan berdoa, berarti mereka mempercayakan semuannya pada kuasa yang lebih besar tersebut segala sesuatu yang mereka ingini.


Pemikiran anak-anak masih terlalu palos, oleh karenanya kita harus mengisinya dengan hal-hal positif. Ajarilan mereka berdoa, dan kenalkanlah mereka kepada kasih serta kuasa Tuhan. Tuntunlah mereka untuk mengerti kuasa lain yang tak terlihat namun nyata dalam kehidupan ini. Satu hal yang terutama adalah memberikan contoh nyata secara langsung. Percuma kita mengajarkan mereka untuk berdoa, sedangkan mereka tidak pernah melihat kita berdoa.


Agar anak – anak dapat mengerti tentang makna doa, maka kita harus mencontohkan secara langsung cara memohon yang benar disaat berdoa! Yaitu dengan mengucap syukur dan berserah sepenuhnya pada kuasa Tuhan.


“…….

Berdoalah setiap waktu

Di dalam Roh

Dan berjaga-jagalah di dalam doamu itu

Dengan permohonan yang tak

Putus-putusnya

…….”

Efesus 6:18


GOD Bless U

No comments: