Thursday, June 24, 2010

(ArBer)Tidak mungkin padam


Tidak mungkin padam


“Tidak mungkin padam” adalah kemungkinan kalimat yang keluar dari mulut kita disaat melihat gambar diatas. Bagaimana mugkin orang tersebut bisa memadamkan api yang berkobar sangat besar, hanya dengan air didalam ember tersebut? Beberapa ember berikutnyapun sepertinya tidak akan membawa pengaruh banyak pada api yang berkobar tersebut. Api yang telah berkobar sebesar itu sepertinya mustahil dipadamkan dengan siraman air dari ember. Kemungkinan diperlukan beberapa mobil pemadaman kebakaran untuk mejinakkan kobaran api tersebut.


Api yang kecil memang sepertinya mudah untuk dipadamkan, hanya dengan tiupan angina ataupun sedikit percikan air, maka padamlah api. Akan tetapi api yang kecil, apabila tidak cepat kita padamkan dampaknya akan buruk sekali. Apabila api sudah berkobar menjadi besar, maka apaun yang berada disekitarnya akan masuk kedalam panasnya kobaran tersebut, dan semakin banyak yang terbakar api tersebut akan semakin berkobar. Lidah kita juga diibaratkan seperti api(Yakobus 3:6), yang walaupun bagian tubuh paling kecil, akan tetapi juga bisa “menghanguskan” seluruh tubuh.


Lidah memang mempunayi kuasa untuk menjadi berkat atau kutuk bagi diri sendiri ataupun orang lain. Dengan menjaga lidah kita, sebenarnya kita sudah hidup menjauhi maut. Sebagaian besar dosa juga berasal dari apa yang keluar dari mulut, terutama yang dikendalikan lidah. Lidah yang tak bertulang adalah kendali dalam seluruh tubuh ini, oleh karenanya jangan sampai kita salah mengendalikan lidah kita. Mulai saat ini berdoa dan mintalah kuasa Tuhan menyertai lidah kita yang tak bertulang ini. Mintalah hikmat dari pada-Nya agar kata-kata yang keluar dari mulut kita tidak menyebabkan dosa yang nantinya akan “membakar” seluruh hidup kita.


Jangan membiarkan “api jahat” dari lidah kita terus membesar! Padamkanlah saat masih kecil, karena apabila sudah membesar, dibutuhkan “air kehidupan” yang banyak untuk memadamkannya.


“Siapa yang mau mencintai hidup

Dan melihat hari-hari baik

Ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat

Dan bibirnya terhadap

Ucapan-ucapan yang menipu”

1 Petrus 3:10


GOD Bless U

No comments: