Thursday, July 22, 2010

(ArBer)Beda sendiri, siapa takut?


Beda sendiri, siapa takut?


Tidak selamanya mayoritas dianggap benar. Walaupun banyak orang memilih hal tertentu, akan tetapi belumm tentu hal tersebut bearti adalah yang terbaik yang harus kita pilih. :Permasalahannya mungkin terletak pada diri sendiri, yang terbiasa mengambil jalan “aman” dengan memilih atau mengikuti pilihan yang sudah banyak dipilih banyakm orang. Dengan demikian andai kata terjadi resiko pun, kita tidak menanggungnya sendiri karena banyak orang juga yang pastinya akan salah.


Pada kitab Daniel, ada tiga orang sahabat yang memilih hal ekstreem pada saat itu. Mereka Sadrakh, Mesakh, dan Abednego memilih untuk tidak mengikuti apa yang dilakukan banyak orang pada saat itu(menyembah dan berdoa kepada berhala). Mereka tau resiko yang akan dihadapi sangatlah berat, dan tidak dapat ditanggung bersama penduduk lainnya. Dengan kata lain mereka harus menanggung sendiri resiko dari pilihan mereka tersebut. Walaupun demikina mereka tetap berani untuk “tampil beda”, karena mereka mengetahui dengan jelas pilihan mereka adalah pilihan yang benar, walaupun tidak berbeda serta bertentangan dengan orang-orang pada negeri tersebut.


Berani tampil beda bukanlah suatu keharusan ataupun hal yang membanggakan. Janganlah kita cepat mengambil kesimpulan berani tampil beda berarti selalu benar. Tampil beda haruslah kita lakukan tentunya apabila didasari dengan dasar dan manfaat yang jelas dalam hidup kita. Segala sesuatunya haruslah kita pertimbangkan dengan matang serta tentunya atas dasar firman dan kasih Tuhan. Jika pilihan kita bertentangan dengan iman kita kepada Tuhan, maka beranilah untuk tampil beda, walaupun kita seorang diri. Bisa jadi resiko yang kita hadapi juga akan sangat besar(misalnya di kucilkan, atau dicapsok suci), akan tetapi pandanglah selalu kepada janji Tuhan, yaitu kehidupan yang kekal bersama-Nya dalam kerajaan Sorga.


Jangan takut untuk beda sendiri! apabila perbedaan tersebut justru bisa memberikan dampak positif serta mampu menyelamatkan kebanyakan mereka yang ternyata telah salah memilih.


“Berfirmanlah TUHAN:

Oleh karena mereka meninggalkan Taurat-Ku

…..

Oleh karena mereka tidak

mendengarkan suara-Ku dan mengikutinya

melainkan mengikuti kedegilan hatinya dan mengikuti para baal

seperti yang diajarkan nenek moyang mereka”

Yeremia 9:13-14


GOD Bless U

No comments: